Dr. Zaidul Akbar: Konsep Makanan Sehat Bisa Dicontoh dari Peternakan Domba

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle – Domba menjadi salah satu hewan yang umum diternakkan di kalangan masyarakat tanah air. Terlebih ketika memasuki bulan haji, permintaan akan domba untuk dijadikan hewan kurban meningkat.

Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Berbicara mengenai peternakan domba, herbalis yang juga pendakwah kenamaan dr. Zaidul Akbar mengungkap tentang hotel domba. Di mana rekannya yang memiliki peternakan domba tersebut menceritakan bahwa tempatnya memiliki sejumlah keistimewaan. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Salah satu yang menarik, peternakan domba tersebut hanya memiliki 100 domba. Selain itu, domba-domba tersebut diberi nama hingga silsilah keluarga, agar tidak terjadi perkawinan inses. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

"Ada ilmu penting di sini yg saya pengen share, jadi temen saya buat peternakan domba, jumlah dombanya 100, mengapa 100? Karena ada hadisnya. Trus domba dombanya dikasi nama, dan tahu sanad bapak ibunya agar jangan sampai terjadi incest gitu, seru kan, jangan sampai anak ngawinin ibu ????" tulisnya mengutip akun Instagram @zaidulakbar, Senin 31 Juli 2023.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Tak hanya itu, domba tersebut juga dibuatkan kandang yang nyaman dengan tujuan agar tidak stres dan beranak-pinak dengan baik.

"Terus domba domba itu dibuatkan kandang yang dia sebutnya hotel domba, biar domba nya nyaman dan damai. Lalu domba itu mulai merasakan kebahagiaan disana, dan mulai beranak pinak dengan bahagia dan tampak kebahagiaan dari wajah wajah mereka," tulisnya.

Selain itu, pemilik dari peternakan domba tersebut juga sangat menjaga pakan ternak-ternaknya. Agar tidak terjadi malnutrisi.

"Dan makanannya jangan tany, dijaga banget. Enggak boleh obesitas dan enggak boleh terlalu kurus, dipantau bb-nya. Makanannya? Di atur sedemikian rupa, sehat yang jelas dan ngeliat wajah wajah dombanya ya nyenengin sih, bahagia gitu mereka, tinggal nunggu waktu kebahagiaan itu dibagikan ke kita kalo udah nanti dimakan," jelasnya.

Belajar dari pakan yang sehat untuk domba tersebut, menurut Zaidul menjadi awal konsep makanan sehat yang masyarakat konsumsi. 

"Ini konsep makanan sehat sebenarnya, dari awal, hewan yang mau kita makan tersebut sudah diperlakukan sangat baik, makanan baik, dirawat dengan baik, berinteraksi sangat baik dengan alam, free range bahasanya. Sehingga yang makanpun dapat makanan yang baik pula, begitu,"  jelasnya.

"Nanti kalau dah siap, kita buat kunjungan kesana ngeliat hotel dombaa ini, hehe. Ikutan? Nanti potong domba, langsung dimasak tanpa bumbu juga udah enak. Kabarnya git, seru kan. Ikut ? Hotel domba jsr seru kali kita namain," tutup dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya