Haji Furoda Disebut Punya Banyak Keunggulan Dibanding yang Reguler, Apa Bedanya?

Ilustrasi ibadah haji.
Sumber :
  • MCH 2023

MEKKAH – Ibadah haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk melaksanakannya. Namun, ada juga jenis haji yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, yaitu Haji Furoda.

Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

Jika haji reguler dari pemerintah membuat calon jamaah haji harus menunggu hingga puluhan tahun untuk berangkat, berbeda dengan Haji Furoda yang tidak perlu menunggu sama sekali. Pasalnya, Haji Furoda tidak menggunakan kuota dari pemerintah, melainkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

Haji Furoda yang disebut juga sebagai Haji Mujamalah atau Haji Mandiri ini, sepenuhnya difasilitasi oleh pihak travel langsung, bukan pemerintah. Sehingga dinilai cenderung lebih nyaman dan privat, tentunya dengan konsekuensi biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Posting Foto Gelas Starbucks saat Umroh Dikecam, Zita Anjani Tantang Balik Masyarakat Untuk Ini

Kelegalan Haji Furoda sendiri telah diatur dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Haji Furoda menjadi pilihan favorit para jamaah haji karena keunggulan-keunggulannya. Salah satunya dirasakan jamaah Haji Furoda asal Bekasi, Aji Rizki Mewantara.

Zita Anjani Pamer Starbucks di Mekkah, Netizen Ramai Berkomentar!

Pada Juli 2022 kemarin, bertepatan dengan Haji Akbar dan merupakan awal musim haji dibuka kembali untuk umum setelah ditutup 2 tahun karena pandemi COVID-19, Aji Mewantara menjalankan Haji Furoda bersama sang istri dengan menggunakan layanan Travel Dream Tour yang terletak di Matraman, Jakarta Timur.

Ia mengatakan bahwa menjalani Haji Furoda ada suka dan dukanya, namun lebih banyak sukanya. Beberapa suka yang dimaksud Aji ketika menjalani Haji Furoda di antaranya adalah tidak ada antrean, administrasi mudah, visa haji resmi, durasi perjalanan 25 hari, penginapan bintang 5, makanan yang memuaskan, bus privat, didampingi Muthawif yang berpengalaman, dokter stand by 24 jam, tenda AC dengan sofabed di Mina dan Arafah, ziarah kota Mekkah & Madinah, mendapat maktab 111, mendapat berbagai hadiah dan masih banyak lagi lainnya.

"Haji Furoda merupakan solusi yang sangat membantu di tengah kondisi antrean haji reguler ataupun haji khusus yang begitu panjang," ujar Aji, dalam keterangannya, dikutip Kamis 24 Agustus 2023. 

“Selain itu, saya juga mendapat hadiah yang tidak diduga sebagai jamaah, yaitu hadiah ziarah ke Kota Thaif yang sejuk dan bersejarah serta mendapat hadiah transportasi Mekkah ke Madinah dengan kereta cepat Haramain Express," sambungnya.

Pemandangan kota Mekkah dari Puncak Jabal Nur

Photo :
  • MCH 2023

Meski banyak sukanya, Haji Furoda juga ada dukanya menurut Aji Mewantara, yakni harga yang tidak murah dibanding haji khusus apalagi haji reguler, dan informasi disetujui atau tidaknya visa furoda cenderung dekat dengan tanggal keberangkatan.

Untuk ke depannya, Aji mengaku ingin menjalani Haji Furoda lagi. Menurutnya, melalui ibadah haji seseorang dapat menemukan arti dan makna hidup yang lebih dalam, menjadi lebih bijaksana, rendah hati, dan bersemangat untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya