8 Rekomendasi Tempat Nongkrong Gen Z di Jakarta

Tempat nongkrong Gen Z di Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gen Z, yang dikenal dengan semangat sosialnya, senang mencari destinasi yang cocok untuk bersenang-senang dan berpesta. Mereka cenderung menyukai atmosfer yang energetik dan modern, seringkali memilih lokasi yang menawarkan hiburan seperti musik hidup, DJ, dan ruang karaoke. Dengan keinginan untuk berinteraksi dan terhubung dengan teman-teman, tempat-tempat ini memberikan pengalaman yang unik dan sesuai dengan gaya hidup mereka.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Bagi kamu yang sedang mencari tempat nongkrong terbaik, berikut adalah beberapa ulasan yang dapat memberikan insight tentang destinasi hiburan populer di kalangan Gen Z.

1. House Of Pats

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Tempat nongkrong Gen Z pertama yang dapat kamu kunjungi adalah House of Pats. Sejak grand openingnya, House of Pats telah menjadi party spot yang sangat hits dikalangan Gen Z.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

House of Pats (H.O.P.S) merupakan outlet yang dibentuk oleh TAN Group dan kolektif Party at the South (PATS). HOPS hadir dalam nightlife Jakarta Selatan sebagai klub yang cocok untuk GEN Z dan komunitas muda lainnya. Terinspirasi dari Boiler Room yang menekankan nuansa intim, HOPS menjadi melting pot bagi performer dan pengunjung. Sebab PATS diciptakan untuk menjadi party spot for everyone.

PATS juga menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman bagi pengunjung. Menu makanan seperti "Fish & Chips", "Pizza Quattro Formaggi" dan "Beef Taco" serta pilihan koktail menyegarkan seperti "The Headshot" Selain itu, HOPS juga menawarkan Private Room yang ideal untuk karaoke dan acara pribadi lainnya. Dengan kombinasi kekuatan antara TAN Group dalam sektor FnB dan PATS sebagai kolektif yang aktif dalam lingkungan party Gen Z, Hops berhasil menjadi salah satu destinasi hiburan yang paling hits di Jakarta Selatan.

Alamat        : Jl. K.H. Mas Mansyur No.41A, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250.
RSVP        : 0811-9528-991
Instagram    : @partyatthesouth

2. Big Brother Sudirman

Big Brother Sudirman adalah salah satu outlet TAN Group yang merupakan tempat nongkrong hits di Jakarta Selatan. Mengusung tema urban hideout, bar ini juga dilengkapi videotron yang membuat suasana semakin hidup. Disini, pengunjung bisa menikmati area Balcony dan 3 ruangan VIP yang cocok untuk private party. Selain itu, penampilan musik dari nama-nama besar dalam industri musik, membuat Big Brother Sudirman menjadi pilihan yang tepat untuk bersenang-senang dan menghindari hiruk-pikuk kehidupan Ibu kota.

Dengan sentuhan seni yang diciptakan oleh mural dan grafiti artist terkenal di Jakarta, nuansa underground hideout dari Big Brother Sudirman memberikan pengalaman yang sangat unik. Big Brother Sudirman juga menawarkan berbagai event menarik seperti Tap-In dan Glowjob. Tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman favorit para pengunjung seperti Nasi Goreng Gila, Ayam Sambal Matah dan Sei Sapi dan juga Cocktail khas seperti Jägerbomb.

Alamat        : Jl. K.H. Mas Mansyur No.41A, RT.12/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250
RSVP        : +62 811-9928-990
Instagram    : @bigbrothersudirman

3. Big Brother Kemang

Didirikan pada tahun 2012, Big Brother Kemang merupakan outlet pertama TAN Group. Terletak di daerah Kemang, tempat ini menjadi salah satu hangout spot favorit bagi partygoers gen Z di Jakarta.. Di awal tahun 2021, Big Brother sempat rebranding dan kembali memperkenalkan gaya terbarunya dengan tampilan urban underground yang diciptakan dari sentuhan artis mural ternama.

Di pertengahan tahun 2023, Big Brother Kemang untuk kedua kalinya kembali dengan wajah baru yang bertemakan Tropical hideout. Kali ini Big Brother Kemang tersebut dengan nuansa Mexico kental yang dipadukan dengan vibes kontemporer, juga arcade corner di lantai 2. Dengan sentuhan artistik yang unik, penampilan musik dari seniman terbaik ibu kota dan desain interior yang memukau, setiap sudut area dipenuhi dengan warna-warni ceria yang mencerminkan kegembiraan dunia malam ala Mexico.

Menu makanan yang disajikan juga sangat variatif, salah satu menu yang paling ikonik adalah jajanan sekolah atau dikenal sebagai street food. Ada pula beberapa menu yang terinspirasi dari Mexican dish seperti Taco, Quesadilla dan Burrito. Kombinasi ini menjadikan Big Brother Kemang sebagai tempat nongkrong yang cocok untuk para Gen Z.

Alamat        : Jl. Taman Kemang No.28, RT.14/RW.1, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
RSVP        : +62 817-170-799
Instagram    : @bigbrotherkemang

4. M Bloc Space

JIka kamu termasuk anak kelahiran 90an, pasti kenal dan sudah pasti pernah mengunjungi kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Beberapa tahun belakangan kawasan Blok M ini sudah mulai ditinggalkan. Akan tetapi, kini telah menjadi kawasan untuk Gen Z. Bahkan, M Bloc Space ini juga menjadi tempat nongkrong instagramable di jakarta.

Kawasan ini dulunya merupakan kawasan rumah dinas Peruri. Kini, sudah dipugar dan berganti menjadi ruang publik untuk para anak muda berkreasi. Bahkan tempat kulineran memiliki tema vintage hingga spot khusus untuk mengadakan konser musik.

5. December by The Bay Coffee

Untuk pengguna Tik Tok pasti tidak asing dengan kafe yang satu ini. December Coffee cabang Citra 8 dikenal juga dengan nama December By The Bay. Lokasi tepatnya berada di Citra 8, Sunset Strip, Kawasan Sunset Avenue, Jakarta Barat.

Seperti namanya, kafe ini berada di pinggir danau sehingga memiliki pemandangan yang cantik dan asri. Mulai dari air danau hingga pepohonan hijau di sekitarnya. Bahkan, tidak sedikit pemburu sunset yang mampir ke kafe ini karena view langit yang indah menjelang malam hari.

Langit yang berwarna biru berubah menjadi keunguan hingga oranye dapat membuat vibe berkumpul dengan teman semakin santai. Ditambah lagi view pesawat melintas membuat ini adalah tempat nongkrong instagramable di Jakarta. Kafe ini berada di dekat Bandara Soekarno-Hatta, sehingga tak asing melihat banyak pesawat melintas.

Untuk menunya, December Coffee menyediakan beragam menu khas coffee shop. Mulai dari makanan ringan hingga main course yang harganya mulai dari Rp 32 ribu hingga Rp 60 ribuan. Untuk minumannya, menunya beragam dan harga mulai dari Rp 25 ribuan.

6. Tanatap Ampera

Kafe Tanatap membuka cabang baru yang berlokasi di Jakarta Selatan, yaitu di Ampera. Mengusung konsep serba hijau dengan banyak tanaman dan desain yang estetik kekinian, Tanatap Ampera menjadi cafe yang hits. Bahkan, sering menjadi tempat nongkrong gen Z di Jakarta.

Tidak hanya itu, Tanatap Ampera juga memiliki desain bangunan yang unik dengan beberapa tempat nongkrong Instagramable. Ada spot indoor yang tetap dengan nuansa serba hijau, hingga berbagai spot outdoor. Konsep outdoor yang diusung adalah Ring Garden, melingkar dengan tempat duduk tangga ala teater.

Untuk menunya, Tanatap Ampera menawarkan mulai dari snacks, main course nasi dan pasta, brunch, hingga waffle. Makanannya terdiri dari makanan Indonesia hingga western dengan harga mulai dari Rp 32 ribuan. Minumannya juga beragam mulai dari kopi, non-kopi, frappe, hingga mocktail dengan harga mulai Rp 35 ribuan.

7. Koultoura Senopati

Kawasan Senopati di Jakarta Selatan sudah tidak diragukan lagi oleh pelanggan. Tempat nongkrong instagramable  di Jakarta ini menjadi salah satu kawasan hits yang penuh dengan kafe hingga restoran yang selalu ramai pengunjung. Baru-baru ini, Koultoura Senopati menjadi cafe yang ramai dikunjungi para gen Z.

Baik untuk sekadar nongkrong, bekerja WFC (Work From Cafe), ataupun mengerjakan tugas, Koultoura adalah tempat yang nyaman dengan nuansa kekinian. Desainnya juga estetik dengan warna coklat dan hitam yang mendominasi.

Pilihan menu makanan yang ditawarkan sangat beragam dan unik. Mulai dari appetizer, brunch, nasi, salad, sandwich, hingga sup. Sedangkan minuman yang ditawarkan mulai dari coffee, non-coffee, mocktail, hingga minuman ready-to-drink. Jangan lupa siapkan dompet ya! Range harganya berada di kisaran Rp100-200 ribu per orang.

8. Thamrin 10

Tempat nongkrong Gen Z di pusat kota Jakarta terakhir adalah Thamrin 10. Lokasi ini juga merupakan merupakan kawasan kreatif dan juga kulineran yang dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta.

Dengan memanfaatkan lahan bekas tempat parkir seluas 8.000 meter persegi, kawasan ini diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan pada akhir tahun 2019 lalu. Sebanyak 45 gerai kuliner menempati kawasan untuk tempat hangout ini. Setiap gerai yang dibuat memiliki tema yang berbeda, mulai tema nusantara hingga tema yang dibuat menyesuaikan untuk para generasi Milenial.

Selain gerai kuliner, ada panggung yang disiapkan untuk live musik setiap harinya. Mulai dari komunitas band-band indie, komunitas stand up comedy, hingga penyanyi yang akan menghibur setiap pengunjung kawasan ini.

Demikian rekomendasi tempat nongkrong Gen Z di Jakarta. Semoga setelah membaca tulisan artikel di atas, teman-teman Gen Z sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat hangout.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya