Tuan 13 Hingga Yacko Bakal Temani Ribuan Seniman Graffiti Berkreasi dari Berbagai Negara

Ilustrasi seniman grafiti.
Sumber :
  • Instagram @diton.king

JAKARTA – Festival tahunan seni graffiti dan seni jalanan terkemuka, King Royal Pride, akan kembali di tahun 2023. Festival ini akan diadakan dalam dua pekan berturut-turut, yaitu 9-10 September dan 16-17 September 2023. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Festival tahun ini adalah yang ke-3, di mana rangkaian acaranya akan berbeda dari tahun sebelumnya. Harapannya, pada puncak rangkaian acara sebagian besar graffiti artist dari luar Jakarta maupun Indonesia bisa berkumpul di satu titik tempat pusat acara yakni di Sunter, Jakarta Utara. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Minggu pertama 9-10 September akan diadakan bersama di 3 negara, yaitu Indonesia, Taiwan, dan Singapura. Di Indonesia sendiri, festival ini akan melibatkan lebih dari 1200 seniman yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka akan menggambar serempak di 85 tembok besar di 85 kota, mulai dari Sumatera hingga Papua, dan melintasi 21 provinsi. 

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Puncak acara King Royal Pride 2023 - Spray Asia akan berlangsung pada 16-17 September di Sunter, Jakarta. Di mana King Royal Pride mengundang seniman graffiti dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Taiwan, Quiccs dari Filipina, Aura dan Pork ABS dari Berlin, BadK dari Hamburg, Saute dari Los Angeles, serta video presentasi dokumentasi tentang subkultur graffiti dunia yang diliput dari Chop Em Down Films Los Angeles yang diwakilkan oleh Spencer Shea. 

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan oleh musisi dan DJ lokal terkemuka seperti Tuan 13, Yacko, Mario Zwinkle, Melantur, A2Kill, DJ Raggil, DJ BolsQ, Racun Kota, dan pertunjukan seni Debus. Tak hanya itu, akan ada pameran seni graffiti dalam medium kanvas yang dipersembahkan oleh Toter Crew, Aram Kaleva dan Kicky, Graffiti Writer legendaris Indonesia yang diinisiasi oleh Diton King Gallery.

King Royal Pride bukan sekadar festival seni graffiti, tetapi juga sebuah pergerakan dan selebrasi seniman grafiti yang merayakan keindahan seni jalanan dalam berbagai bentuknya. Acara ini memupuk semangat kerjasama dan ekspresi kreatif yang merangkul perbedaan lintas negara, budaya dan kultur. 

Menurut Ricky Yanuardi dan Elfira Soraya, founder dari Diton King dan project director acara ini, King Royal Pride 2023 - Spray Asia adalah wadah bagi seniman graffiti dan seni jalanan dari seluruh dunia untuk berkumpul, berbagi, dan merayakan keragaman seni graffiti. 

"Kami berharap acara ini akan terus menjadi tonggak penting dalam perkembangan seni graffiti di Indonesia dan kawasan sekitarnya dan membawa nama Indonesia lebih tinggi dalam peta urban art di seluruh dunia," kata Ricky kepada wartawan, Kamis 14 September 2023. 

Kami mengundang semua masyarakat, pecinta seni, dan mereka yang ingin merayakan keindahan seni jalanan untuk bergabung dalam King Royal Pride 2023 - Spray Asia. Acara akan diadakan di Jl. Agung Karya VI No.5, Papanggo, Tj. Priok, Jakarta Utara, atau bisa akses di Google Maps dengan nama King Royal Pride," imbuh Ricky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya