Naik Takhta di Usia Tua, Raja Charles III Terapkan Pola Diet Sehat untuk Perpanjang Umur

Raja Charles III dan permaisuri Camilla resmi diberi Mahkota Raja dan Permaisuri
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

Inggris – Setelah sang ibunda, Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Raja Charles III naik takhta di usianya yang ke 74 tahun. Memimpin negara monarki di usia yang sudah tidak muda lagi, Raja Charles III dinobatkan sebagai orang tertua yang naik takhta sebagai raja Inggris. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Menduduki takhta tertinggi dalam kerajaan Inggris, Raja Charles III tentu saja harus menjalani diet seimbang supaya daya tahan tubuhnya tetap kuat dan bisa berumur panjang. Seperti sang ibunda, ayah dua anak itu sangat ketat dalam menjaga pola makan

Melansir dari laman The Independent, terdapat 70 fakta yang dirilis langsung oleh situs resmi kerajaan pada tahun 2018. Salah satunya mengatakan bahwa Raja Charles III tidak terlalu banyak makan. Dia bahkan kerap melewatkan salah satu waktu makan. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Raja Charles III dan permaisuri Camilla resmi diberi Mahkota Raja dan Permaisuri

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Ayah dari Pangeran William itu diketahui kerap melewatkan waktu makan siang. Hal tersebut bahkan dibenarkan langsung oleh mantan koresponden kerajaan, Gordon Rayner. Dia mengatakan, makan siang merupakan salah satu kemewahan bagi Raja Charles III. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Dengan demikian, daripada makan siang, Raja Charles III lebih memilih untuk sarapan menjelang makan siang. Menu sarapan siang yang selalu disantap olehnya adalah telur rebus dengan taburan keju bersama dengan Teh Darjeeling yang ditambah dengan susu dan madu. 

Selain itu, Raja Charles III menjaga pola makannya dengan menu diet sebagian besar berbasis nabati. Ia pun membatasi mengonsumsi protein hewani. Pada beberapa hari dalam seminggu, ia kerap menghindari untuk mengonsumsi makanan berbau daging. 

Penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

"Saya tidak makan daging dan ikan dua hari dalam seminggu, dan saya tidak makan produk susu satu hari dalam seminggu," kata Raja Charles III dalam sebuah wawancara yang dilakukan bersama stasiun radio BBC. 

Biasanya ia akan menikmati sarapan menuju makan siang dengan menggunakan buah-buahan dan menghindari makanan yang mengandung gula tinggi. Sang Raja Inggris itu juga sangat menyukai produk-produk berbahan organik. 

Pemimpin tertinggi kerajaan Inggris itu juga sempat menjalani Des Diet ketika dirinya berusia 55 tahun. Pola diet tersebut terinspirasi dari artis Des O’ Connor dengan menekankan pada pola makan hanya mengonsumsi makanan berat atau makanan utama sekali sehari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya