Bolehkah Wanita Muslimah Ngefans dengan Idol K-Pop? Begini Penjelasan Habib Jafar

Habib Jafar
Sumber :
  • IG @husein_hadar

JAKARTA – Musik Korea atau K-Pop selama lebih dari satu dekade berhasil menarik perhatian dunia. Tak terkecuali di kalangan pecinta musik di tanah air. Sejumlah idol group hingga band Korea berhasil mencuri perhatian pecinta musik tak terlebih di kalangan wanita Indonesia.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Selain musikalitas tinggi dan makna lagu yang menyentuh relung hati penggemar. Penampilan dan sikap dari idola asal Korea Selatan membuat kaum hawa di tanah air begitu mencintai mereka. Scroll lebih lanjut ya.

Namun di balik kecintaan fans kepada idola mereka, banyak anggapan di masyarakat terutama umat muslim. Bahwa mengidolakan idol dari Korea adalah sesuatu hal yang salah. Terlebih mereka yang menutup auratnya dengan hijab akan lebih banyak mendapat sorotan dan dinilai negatif lantaran mengidolakan artis Korea tersebut.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Lantas bagaimana tanggapan Habib Jafar melihat hal tersebut? Dalam potongan video yang diunggah akun TikTok @namashi18 dijelaskan Habib Jafar bahwa menyukai Korea itu sesuatu yang tidak dipermasalahkan dalam Islam.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Suka Korea tuh itu sesuatu yang sebenarnya enggak ada masalah dalam Islam. Cuman kan sering dibentur-benturkan. Orang kaget wah ini berkerudung kemudian pakaiannya sangaat islami suka Korea kayak kaget gitu," ucapnya.

Namun diungkap Habib Jafar, ketika kita menyukai sesuatu termasuk musik atau aktor Korea tidak boleh melebihi kekaguman terhadap Nabi Muhammad SAW.

Habib Jafar.

Photo :
  • Instagram @husein_hadar

"Sebenarnya sesuatu yang enggak perlu kaget sih yang sebenarnya enggak boleh dalam Islam kan ngefans kepada sesuatu melebihi ngefans kepada nabi Muhammad. Makanya di Al Quran itu 'Jangan kamu tinggikan apapun, apa saja suara saja enggak boleh apalagi sesuatu yang lain apalagi ngefans melebihi nabi Muhammad,"ujarnya.

Habib Jafar juga menjelaskan bahwa boleh menyukai idol atau aktor Korea. Namun tetap sewajarnya, beliau juga mengungkap jangan sampai kita lebih mengetahui sosok idol Korea daripada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Habib Jafar juga menjelaskan bahwa tidak masalah mengidolakan idol Korea namun tetap tidak boleh bertentangan dengan ajaran nabi Muhammad SAW.

"Jangan sampai Anda tahu tanggal lahirnya BTS tapi enggak tau tanggal lahirnya Nabi Muhammad. Ya itulah pokoknya jangan begitu gitu, sama ngefansnya itu tidak bertentangan dengan ajaran nabi Muhammad," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya