Dari Pewangi hingga Masker Rambut, Ini 10 Manfaat Teh yang Bisa Digunakan Selain Diminum

Ilustrasi Teh Hitam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Teh bukan hanya minuman yang menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa ketika digunakan di luar gelas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai cara di mana teh dapat digunakan untuk tujuan lain yang mungkin tidak kamu ketahui.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Beberapa di antaranya meliputi:

1. Aromaterapi: Teh herbal atau rempah-rempah tertentu dapat digunakan sebagai bahan dalam aromaterapi. Merebus teh atau merendamnya dalam air panas dapat menghasilkan wewangian yang dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Ilustrasi teh bunga

Photo :
  • Instagram Taya Rogers

2. Kompos: Daun teh bekas pakai dapat digunakan sebagai kompos untuk meningkatkan kualitas tanah dan memberikan nutrisi pada tanaman.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

3. Pengobatan kulit: Teh herbal, terutama chamomile atau teh hijau, dapat membantu meredakan kulit atau mata bengkak dan kantung mata. 

Caranya adalah dengan merendam kantong teh dalam air panas, kemudian dinginkan dan tempelkan ke kulit atau mata selama beberapa menit. Kandungan antiinflamasi dalam teh dapat membantu meredakan peradangan.

4. Pembersih: Teh dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kaca, cermin, atau perabotan kayu. Minuman teh yang tumpah atau sisa daun teh bisa digunakan sebagai pembersih alami.

5. Pewarna alami: Daun teh atau sari teh dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk kain atau bahkan catatan seni kertas.

6. Pengusir bau: Teh yang digunakan atau kantong teh bekas bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak diinginkan, seperti bau di dalam sepatu atau lemari pakaian.

7. Penyegar udara: Teh dapat digunakan sebagai penyegar udara alami. Merebus daun teh bersama dengan rempah-rempah atau kulit jeruk dapat menciptakan aroma yang menyegarkan ruangan.

8. Bahan mandi: Teh herbal seperti chamomile atau lavender bisa digunakan dalam kantong mandi atau bola mandi untuk efek relaksasi dan perawatan kulit.

9. Perawatan taman: Teh basi atau kantong teh yang digunakan dapat digunakan untuk merawat tanaman di taman. Ini dapat membantu tanaman menyerap nutrisi.

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

10. Merawat rambut: Teh hitam dan teh hijau mengandung senyawa-senyawa yang baik untuk rambut. Anda dapat menggunakan teh untuk mencuci rambut Anda atau sebagai kondisioner alami. Ini membantu menguatkan akar rambut dan memberikan kilau alami.

Penggunaan teh di luar konsumsi minuman adalah cara yang menarik dan multifungsi untuk memanfaatkan sifat-sifat alami teh dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya