Festival Menggambar Nasional Digelar di 30 Kota, Ada Belasan Ribu Karya Anak Indonesia

Anak menggambar.
Sumber :
  • Nestle.

JAKARTA – Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), Festival Menggambar Nasional 2023, sukses digelar.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Mengusung tema Aku Dan Kau Generasi Sehat, Kuat & Cerdas Berkarakter, festival ini diadakan di 30 kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Manado, dan Kupang. Scroll untuk info selengkapnya.

Sejak dimulai pada 11 Juli hingga 30 September terdapat lebih dari 11.400 karya anak Indonesia yang telah diterima. 

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Sufintri Rahayu berharap festival ini dapat mendorong stimulasi anak pada keterampilan kognitif, motorik, analisis visual, maupun sarana untuk mengekspresikan dirinya, serta mampu mendukung program Pemerintah untuk menciptakan generasi Anak Indonesia yang kuat, cerdas dan berkarakter.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

“Festival Menggambar Nasional 2023 merupakan wujud nyata Nestle Indonesia dalam menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang. Kami berharap festival ini dapat membantu membentuk kehidupan yang lebih sehat dan bahagia bagi anak-anak Indonesia dimulai dari usia dini,” ujar Sufintri Rahayu di Jakarta.

Sejalan dengan misi Kemendikbudristek RI meningkatkan derajat kesehatan peserta didik di lingkungan sekolah melalui Kampanye Sekolah Sehat (KSS) yang sudah berjalan sejak 2022, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd mengatakan, KSS merupakan bentuk sinergi semua pihak untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak di lingkungan sekolah dengan tiga fokus utama, yaitu, Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi (3S). 

“Saya berharap Festival Menggambar Nasional ini bukan hanya dapat menstimulasi keterampilan dan menjadi wadah ekspresi bagi anak-anak, tetapi juga dapat memberikan pemahaman kepada para orangtua mengenai pentingnya 3S dalam proses tumbuh kembang anak,” tuturnya.

Festival yang terbagi dalam tiga kategori yaitu kategori A (kelas 1-2 Sekolah Dasar), kategori B (kelas 3-4 Sekolah Dasar), dan kategori C (kelas 5-6 Sekolah Dasar) diselenggarakan dengan tiga tahapan. 

Para peserta dapat memilih salah satu dari tiga sub-topik di antaranya Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi. Selanjutnya, hasil karya peserta dikurasi oleh HelloMotion Academy, ahli bidang seni dan animasi. 

Ilustrasi anak belajar.

Photo :
  • Pixabay

Wahyu Aditya, Pendiri HelloMotion Academy menyambut gembira kegiatan ini. 

“Sebagai penggerak di bidang animasi dan kreativitas Indonesia, kami percaya bahwa setiap imajinasi merupakan sebuah ide yang perlu dikembangkan dengan kreativitas agar dapat menjadi suatu kenyataan,” pungkasnya.

“Festival Menggambar Nasional 2023 dapat mendorong kreativitas dan menjadi wadah imajinasi anak-anak. Ini dapat menginspirasi anak untuk mempelajari hal baru atau berpikir out of the box, yang dapat menjadi pondasi anak untuk mencapai kesuksesan di masa depannya,” tambah dia.

Jennifer Sharon, salah satu dari 10 peserta dengan karya terbaik dari kategori C merasa bangga atas prestasi yang berhasil dicapai. 

“Aku senang banget dapat terpilih menjadi salah satu dari karya terbaik se-Indonesia. Pada festival ini, selain aku bisa mengekspresikan ide-ide gambar yang seru, aku juga belajar pengetahuan baru. Oh iya, terima kasih buat Bunda yang selalu mendampingi dan mendorong supaya aku bisa menjadi kuat dan pintar,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya