Ramai Seruan Boikot, Ini Deretan Produk Israel yang Masuk di Indonesia

Ilustrasi boikot.
Sumber :
  • Pixabay.

JAKARTA – Serangan udara yang dilancarkan Israel ke Palestina sejak 7 Oktober 2023 membuat geram masyarakat di seluruh dunia. Bagaimana tidak, serangan tersebut menyebabkan ribuan korban tewas yang didominasi oleh anak-anak dan wanita.

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

Serangan yang menimbulkan banyak korban jiwa terutama anak-anak di Palestina membuat para pengguna media sosial ramai-ramai menyerukan boikot seluruh produk yang berasal dari negara zionis tersebut. Gerakan ini juga dikenal denngan Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) Movement, sebuah gerakan protes non kekerasan global.

Gerakan ini berupaya menggunakan boikot ekonomi dan budaya terhadap Israel, divestasi keuangan dari negara, dan sanksi pemerintah untuk menekan pemerintah Israel agar mematuhi hukum internasional dan mengakhiri kebijakan kontroversialnya terhadap Palestina.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Ilustrasi dilarang

Photo :
  • Pixabay

Dalam situs resmi mereka juga tercantum daftar produk-prdduk yang berasal dari Israel atau berafiliasi dengan perusahaan Israel. Apa saja? Berikut ini rangkumannya.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

1. HP

Hewlett Packard membantu menjalankan sistem ID biometrik yang digunakan Israel untuk membatasi pergerakan warga Palestina.

2. Siemens

Siemens terlibat dalam perusahaan permukiman ilegal apartheid Israel melalui rencana pembangunan EuroAsia Interconnector. Hal ini akan menghubungkan jaringan listrik Israel dengan jaringan listrik Eropa. Sehingga memungkinkan pemukiman ilegal di tanah Palestina yang dicuri untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan listrik Israel-UE yang dihasilkan dari gas fosil.

Ilustrasi lampu bohlam.

Photo :
  • dok. pexels

3. AXA

AXA berinvestasi di bank-bank Israel, yang membiayai pencurian tanah dan sumber daya alam Palestina. 

3. Puma

Puma mensponsori Asosiasi Sepak Bola Israel, yang mencakup tim-tim pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina yang diduduki.

4. Ahava

Produk kecantikan yang berbasis di Israel ini mengklaim mengandung mineral alami dari laut mati. Produk ini telah beredar di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp

5. Rummikub

Permainan yang menggabungkan konsep permainan kartu dan mahjong yang dikembangkan oleh orang Yahudi bernama Ephraim Hertzano.

6. Taf Toys

Merek mainan dan perlengkapan bayi ini merupakan perusahaan yang didirikan di Israel. Beberapa produknya berupa gendongan bayi, stroller hingga mainan. Produk ini juga ditemukan di Indonesia.

7. Tiny Love

Merek segala jenis perlengkapan bayi dan anak-anak mulai dari permaian hingga produk perawatan. Tiny Love ini merupakan merek yang berasal dari perusahaan besar asal Israel bernama Shilav Group 

8. Teva Pharmaceutical Industries 

Perusahaan farmasi ini berfokus pada produksi obat-obatan generik. Perusahaan ini berpusat di Tel Aviv, Israel, dan produknya dikabarkan sudah masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun lalu.

9. Sabra 

Sabra adalah perusahaan yang memproduksi makanan kemasan, salah satunya hummus yang merupakan makanan khas Timur Tengah.

10. Plarium Games 

Perusahaan game yang didirikan di Israel sejak 2009 ini diketahui telah memiliki lebih dari 20 game yang dirilis dan dapat dimainkan di PC, Android, hingga iOS, misalnya Vikings: War of Clans dan RAID: Shadow Legends.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya