5 Tradisi Pernikahan Nyeleneh di Dunia, Ada yang Diludahi

Ilustrasi pernikahan
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Pernikahan merupakan salah satu momen paling penting dalam kehidupan seseorang. Setiap budaya memiliki tradisi dan upacara yang berbeda-beda dalam merayakan pernikahan. Beberapa tradisi pernikahan di dunia memiliki ritual yang cukup unik dan menarik perhatian. Berikut adalah 5 tradisi pernikahan nyeleneh atau aneh di dunia.

Angka Perkawinan Indonesia Merosot, Ini 5 Alasan Orang Enggan Menikah

1. Meludahi Pengantin Wanita (Kenya)

Pernikahan bertema MU di Kenya

Photo :
  • africagossipnews
Seniman Spanyol Bakal Nikah dengan Hologram, Pertama di Dunia dan Ini Alasannya

Kenya, terutama suku Maasai memiliki tradisi pernikahan tak biasa. Ayah dari pengantin wanita akan meludahi dada dan kepala anak perempuannya pada hari pernikahan. Hal tersebut dipandang sebagai sbeuah ungkapan pemberkatan dan selamat tinggal untuk sang anak yang akan mengaruhi kehidupan barunya.

2. Tradisi Pernikahan Pohon (India)

Geger, Wanita Menikah dengan Hologram di Tempat yang Tak Terduga

Di beberapa daerah di India, terdapat tradisi pernikahan pohon atau yang dikenal dengan "Vat Savitri". Pasangan pengantin menikah di bawah pohon banyan dan mengikat tali pada pohon tersebut sebagai tanda hubungan abadi mereka. Pohon banyan dianggap sakral dan melambangkan keabadian dan kekuatan.

3. Memukul Telapak Kaki Mempelai Pria (Korea Selatan)

Tradisi ini dilakukan pada malam sebelum pernikahan, di mana teman-teman mempelai pria melepas kelelahan dan mengurangi stres dengan cara memukul telapak kaki mempelai pria dengan tongkat bambu yang disebut "Jjukkumi".

Jjukkumi biasanya dibuat dari bambu yang sudah kering dan dipotong sepanjang sekitar 30 cm. Sementara itu, tujuan dari tradisi ini adalah untuk memberikan keberanian dan kekuatan kepada mempelai pria agar siap menghadapi pernikahan dan masa depannya.

4. Pengantin Wanita Dilempari oleh Tamu (Skotlandia)

Ilustrasi pernikahan

Photo :
  • Pixabay

Di Skotlandia, ada tradisi pernikahan yang unik, yaitu pengantin wanita harus dilemparkan oleh para tamu pernikahan dengan benda-benda yang kotor seperti telur, kacang, dan kue. Tujuannya adalah untuk menguji kesabaran dan ketabahan calon pengantin dalam menghadapi masalah.

Meskipun beberapa tradisi pernikahan di atas mungkin terdengar aneh dan nyeleneh bagi orang yang tidak familiar dengan budaya tersebut, namun tradisi-tradisi tersebut memiliki makna dan arti yang mendalam bagi masyarakat setempat.

Tradisi pernikahan adalah bagian penting dari budaya dan tradisi suatu negara, dan harus dihormati dan dipahami dengan baik oleh siapa saja yang ingin menikah di negara tersebut.

5. Makan Besar Bersama (Rusia)

Di Rusia, tradisi pernikahan yang unik adalah makan besar bersama seluruh anggota keluarga. Para tamu yang hadir akan disambut oleh pengantin baru dan orangtuanya. Mereka juga akan memberikan sepotong roti kepada tamu.

Sebelum acara makan dimulai, keluarga terlebih dahulu meminum 3 gelas vodka atau anggur merah yang disediakan. Semakin tinggi status ekonomi pengantin dan keluarganya, maka semakin banyak pula hidangan berbahan dasar daging di atas meja makan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya