Masih Gugup Saat Berbicara di Depan Umum? Ini Tipsnya

Ilustrasi Berbicara
Sumber :
  • pixabay.com

JAKARTA – Dalam salah satu konten yang diadakan oleh Kelas Olah Wicara Anak (KOWA), Founder dan Coach Kak Dyah memberikan wawasan tentang mengapa banyak orang merasa gugup atau gerogi saat berbicara di depan umum. Menurut Dyah, ada dua faktor utama yang berperan penting dalam mengatasi kegugupan ini.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Pertama, Dyah menekankan pentingnya perencanaan yang baik. Scroll lebih lanjut ya.

"Kenapa masih gerogi atau gugup saat akan atau sedang berbicara di depan banyak orang? Ada 2 hal, yang paling utama karena enggak ada perencanaan yang bagus," ujarnya.

Adik Ipar Bongkar Permintaan Terakhir Stevie Agnecya Sebelum Berpulang, Hanya Mau Ini

Banyak orang tidak melakukan persiapan yang memadai, seperti melatih pernapasan dan olah vokal, yang merupakan dasar penting dalam public speaking. Dyah juga menjelaskan pentingnya mengolah napas.

Sulit Tentukan Pilihan? Begini Cara Atasi Gugup Sebelum Nyoblos ke TPS

"Tidak ada perencanaan misalnya, tidak melatih pernapasan, tidak melatih olah vokal, dua hal ini jadi penting dan basic banget untuk public speaking," ujarnya.

Menurutnya, mengontrol napas tidak hanya membantu menenangkan degup jantung yang cepat, tetapi juga meningkatkan oksigenasi ke otak, sehingga memperkuat rasa tenang dan mengurangi rasa gugup. Selain itu, dia juga menyarankan latihan getur dan tutur sebagai bagian dari persiapan.

Kak Dyah, Founder dan Coach Kelas Olah Wicara Anak (KOWA)

Photo :
  • IG @dyahsugiyanto

"Olah napas supaya tidak lagi berdegup dengan cepat. Olah napas baik nambah oksigen ke kepala kita, jadi nambah rileks dan enggak deg-degan lagi, selain itu latihan, getur dan tutur," ujarnya.

KOWA, yang didirikan oleh Kak Dyah, terus berupaya memberikan pelatihan dan wawasan dalam bidang public speaking, khususnya bagi anak-anak. Program-program yang ditawarkan bertujuan untuk membangun kepercayaan diri serta keterampilan berbicara di depan umum, yang merupakan keterampilan penting di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya