Kisah Inspiratif, Bangkit dari Masa Sulit Bangun Bisnis Training Online Interaktif

Coach Ican
Sumber :
  • ist

VIVA LifestyleCoach Ican merupakan seorang business coach dan pengusaha yang lahir di Jakarta, 18 Desember 1983. Setelah lulus SMA, Coach Ican melanjutkan pendidikan S1-nya di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Mathematics (2001 - 2005) dan S2-nya di BINUS University jurusan Strategic Management (2013 - 2016).

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Sebelum merintis karier sebagai seorang entrepreneur, Coach Ican juga pernah bekerja di beberapa perusahaan, dari mulai menjadi Business Intelligence Analytics di Standard Chartered Bank, Head of Danamon Simpan Pinjam Risk Portofolio Analytics di PT Bank Danamon Indonesia, Head of Consumer Banking Segment Analytics di DBS Bank, hingga Head of CCPL Product, Portofolio, Installment di Maybank.

Coach Ican memiliki cukup banyak up and down pada masa lalunya. Di tahun 2007, ia harus kehilangan ibunya akibat tragedi perampokan yang terjadi di rumahnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Pada saat itu, Coach Ican yang masih berumur 24 tahun terbangun di tengah malam karena suara gaduh yang berasal dari kamar orang tuanya. Tak disangka-sangka, justru ia malah menemukan ibunya yang sudah bersimbah darah dan tidak bernyawa.

Coach Ican yang sebelumnya mengaku sempat mengejar pelaku, akhirnya harus merelakan kejadian tersebut karena hingga saat ini pelaku tak kunjung ditemukan dan polisi sudah menutup kasusnya.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Coach Ican

Photo :
  • ist

Namun, perjalanan dan kisah inspiratif Coach Ican tidak hanya melibatkan rintangan berbisnis saja, melainkan juga melibatkan perjuangan-nya melawan penyakit langka.

Pada tahun 2018, penyakit yang ia derita sejak kecil yaitu Periodic Paralysis Hypokalemia harus kambuh kembali, yang merupakan sebuah penyakit langka yang ditandai dengan pelemahan otot rangka dan bersifat periodik.

Kondisi ini memaksa Coach Ican untuk melepaskan pekerjaannya karena harus terbaring di rumah sakit selama 1 tahun. Dan membuatnya tidak memiliki penghasilan juga selama 1 tahun. Bahkan, saat itu ia memiliki hutang hingga 10 milyar.

Dalam menghadapi masa-masa sulit yang membuatnya frustasi dan sempat ingin mengakhiri hidupnya, Coach Ican melakukan konseling dan konsultasi ke psikolog.

Coach Ican juga mendapatkan dukungan dan saran berharga dari salah satu teman untuk mengikuti passion-nya, yaitu mengajar.

Coach Ican

Photo :
  • ist

Dari sinilah, Coach Ican memutuskan untuk bangkit dari masa lalunya dengan membangun Cariilmu, yaitu sebuah bisnis yang berupa training online interaktif dan berkualitas tinggi dimana Peserta Prakerja leluasa memilih materi yang mendukung keinginan menjadi karyawan, freelance, atau memulai bisnis.

Namun, membangun bisnis itu tidak semudah yang dibayangkan. Ia sampai harus menjual mobil pribadinya demi membayar THR karyawan.

Meski menghadapi kesulitan di awal, ia pun sempat diragukan oleh beberapa rekan dan kerabatnya. Tetapi Coach Ican tidak pernah menyerah.

Dengan modal awal dari pesangon dan BPJS sebesar 100 juta rupiah, ia berhasil mengembangkan Cariilmu hingga menjadi salah satu pelatihan terbaik di Program Kartu Prakerja dan membantu lebih dari 200.000 peserta di seluruh Indonesia.

Dengan penuh dedikasi, Coach Ican  juga berhasil menciptakan brand-brand lainnya seperti SUAI Skincare dan Buatizin.id, serta beberapa program CSR seperti Cari Kebaikan dan IBJ Academy.

Coach Ican

Photo :
  • ist

Kini, seluruh brand dan program tersebut berada di bawah naungan PT. Ican Berkah Jaya atau IBJ Group.

“Sangat senang dan bersyukur ketika tiap bulan mampu memberi penghasilan dan penghidupan yang layak bagi semua karyawanku. Dari mulai bangun IBJ Group dan Cariilmu dari nol hingga menaungi ratusan karyawan, para pengajar dan lebih dari 200.000 peserta seluruh indonesia sudah terbantu untuk meningkatkan karier dan kewirausahaan secara global,” ujarnya.

Prestasi Coach Ican tak hanya sebatas seorang entrepreneur sukses, namun juga sebagai seorang pembicara ulung yang telah menginspirasi ribuan orang di berbagai platform.

Seperti Ia pernah menjadi main speaker di acara Maybank x Allianz, Seminar terbuka dengan tema ‘Management Festival’ di Universitas Nasional, Event Edukasi Cariilmu bareng Sucor Sekuritas, Event “Survive & Winning in Crisis” by Tung Desem Waringin x Cariilmu, bahkan hingga menjadi Host CNN Indonesia for King Charles Coronation di London.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya