5 Ide Kreatif Bikin Pernak-pernik Imlek, Gampang Banget Cuma dari HP

Ilustrasi angpau Imlek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

VIVA Lifestyle – Tahun Baru Imlek merupakan perayaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa untuk menyambut pergantian tahun di kalender China. Apalagi Tahun Naga Kayu identik dengan penuh energi, semangat, tekad yang kuat, serta melambangkan kreativitas. Sehingga tidak sedikit anak muda yang mulai memberanikan diri untuk membuka usaha dan mencari peruntungan di tahun ini. 

Viral Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Rp20 Ribu, Para Tetangga Akhirnya Buka Suara

Selayaknya hari besar pada umumnya, orang Tionghoa akan disibukkan dengan berbagai persiapan. Mulai dari menjalankan tradisi, hingga memilih pernak-pernik Imlek untuk menghias rumah. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Untuk menyambut Tahun Naga Kayu, membuat pernak-pernik sendiri akan menjadi kegiatan yang menarik sekaligus menambah kreativitas. Berikut ini adalah rekomendasi pernak-pernik Imlek yang bisa dibuat sendiri lewat kecanggihan teknologi di aplikasi ponsel.

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

1. Kartu Ucapan Imlek

Meriahkan Tahun Naga Kayu di Jakarta, Bank Mandiri Ajak Nasabah dan Mitra Rayakan Imlek

Mengirim kartu ucapan Imlek kepada kerabat maupun keluarga menjadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan untuk menjaga tali silaturahmi, dan membuat suasana menjadi lebih hangat. Untuk itu, pemilihan desain, gambar, dan juga kalimat ucapan menjadi sangat penting karena akan memberikan makna tersendiri bagi yang menerimanya. 

Bagi yang ingin membuat kartu ucapan Imlek sendiri bisa menggunakan aplikasi yang dirancang untuk mendesain kartu ucapan sesuai dengan tema Imlek tahun ini. Di situ, bisa mengedit foto atau menambahkan gambar pada template, lalu menjadikan gambar tersebut sebagai hiasan pada kartu ucapan Imlek.

Biasanya, aplikasi untuk membuat kartu ucapan Imlek punya beberapa template menarik yang bisa langsung digunakan oleh siapapun.

2. Angpao

Pernak-pernik Imlek yang juga tidak boleh ketinggalan adalah angpao. Siapa yang tidak tahu angpao? Angpao adalah amplop merah kecil untuk diisi uang yang biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah. Untuk yang bosan dengan bentuk dan desain angpao yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk membuat kreasi sendiri.

Untuk membuat desain amplop merah terlihat berbeda dari yang lain, bisa coba mendesain dengan kreativitas sendiri. Cukup masukkan foto ke dalam template yang tersedia di dalam aplikasi maka siapapun dapat membuat satu-satunya angpao versinya sendiri.

Ilustrasi foto imlek tionghoa budaya china

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

3. Lampion

Salah satu tradisi yang dilakukan menjelang Imlek adalah memasang lampion sebagai dekorasi rumah. Biasanya selain bertuliskan harapan dan doa, lampion juga akan berisi gambar-gambar yang meriah seperti naga dan bunga. Supaya lampion di rumah lebih meriah dan unik, bisa manfaatkan kecanggihan fitur Artificial Intellegence (AI) untuk membuat lampion dengan menambahkan gambar unik, seperti gambar bayi naga.

4. Bait Musim Semi

Dekorasi yang tidak kalah penting lainnya adalah Bait musim semi. Dekorasi satu ini juga memiliki makna penting. Di mana orang Tionghoa percaya bahwa memasang bait akan membawa keberuntungan kepada si pemilik rumah.

Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini, bait sudah tersedia dengan berbagai desain yang menarik dan tentunya dengan canggihnya teknologi, sehingga siapapun bisa membuat bait versinya sendiri di rumah. Cukup dengan membuka aplikasi di ponsel, lalu pilih aplikasi dan template Chinese New Year, kemudian desain bait sesuai dengan gambar yang disuka, lalu cetak pada kertas. Kemudian, tempelkan di pintu untuk membawa keberuntungan di tahun baru Imlek.

5. Pohon Mei Hua

Sama halnya dengan perayaan Natal yang identik dengan pohon Natal, Tahun Baru Imlek juga identik dengan Hiasan Pohon Mei Hua-nya. Pohon Mei Hua ini biasanya akan dilengkapi dengan berbagai hiasan tambahan, seperti amplop merah, lampion-lampion kecil, dan gambar-gambar yang mendeskripsikan tahun tersebut. Untuk memeriahkan Pohon Mei Hua mu di rumah, bisa juga buat hiasan sendiri dengan bantuan kecanggihan aplikasi desain di ponsel.

Itu tadi 5 pernak-pernik Tahun Baru Imlek yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain akan membuat kamu lebih hemat dari segi budget, tentunya dengan membuat kreasi sendiri bisa membuat semua orang lebih menikmati suasana Imlek itu sendiri. Jadi, ayo segera buat kreasi pernak-pernik versi kamu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi YouCam Perfect dari Perfect Corp dan temukan kemeriahan Hari Raya Imlek di Tahun Naga ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya