7 Strategi Ampuh agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa Ramadhan, Perbanyak Makan Buah

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • pixabay

Jakarta – Puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama berjam-jam. Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi sangat penting agar tetap sehat dan kuat selama menjalani ibadah puasa. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

1. Konsumsi Air Secukupnya Saat Berbuka

Ilustrasi minum air putih

Photo :
5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Saat berbuka puasa, jangan langsung minum air dalam jumlah yang banyak. Mulailah dengan mengonsumsi beberapa teguk air untuk mengembalikan kadar cairan dalam tubuh secara perlahan-lahan. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, timun, atau melon juga bisa menjadi pilihan yang baik.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Banyak Garam

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Ilustrasi garam epsom.

Photo :
  • Pixabay

Makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan rasa haus. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan kaleng, atau makanan yang diasinkan. Lebih baik pilih makanan yang lebih seimbang nutrisinya dan rendah garam.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Roti gandum

Photo :
  • Times of India

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang bertahan lama. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi dan menjaga tubuh tetap segar selama berpuasa.

4. Hindari Konsumsi Makanan Manis dan Berkafein

ilustrasi es kopi, salted caramel milk

Photo :
  • Pixabay/ Silvia

Makanan atau minuman yang mengandung gula atau kafein dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena keduanya memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan atau minuman manis seperti kue, permen, minuman bersoda, serta kopi atau teh berkafein.

5. Tetap Aktif dan Hindari Paparan Panas Berlebihan

Dehidrasi menyerang saat musim kemarau.

Photo :
  • http://asek.us/2093-tips-berpuasa-di-musim-kemarau-dengan-cuaca-yang-panas

Aktivitas fisik yang berlebihan atau terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Cobalah untuk tetap aktif namun hindari aktivitas yang terlalu berat terutama saat cuaca panas. Jika memungkinkan, lakukan aktivitas di dalam ruangan yang sejuk atau berselimut di tempat yang teduh.

6. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah Segar

Buah dan sayur

Photo :
  • Times of India

Sayur dan buah-buahan mengandung banyak air dan serat yang dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi rasa haus. Sertakan sayur dan buah-buahan segar dalam menu sahur dan berbuka puasa untuk memastikan tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

7. Jaga Keseimbangan Nutrisi

Menu Makanan Penderita Diabetes

Photo :
  • www.zonapenyakit.com

Pastikan asupan nutrisi kamu seimbang selama berpuasa. Sertakan protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral dalam setiap hidangan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kadar cairan tetap stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya