Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Begini Jawaban UAS

Ilustrasi Memakai Lipstik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle  –Lipstik menjadi salah satu item make up yang wajib dikenakan oleh setiap wanita. Tidak sedikit dari wanita yang merasa lebih baik tidak make up daripada tidak menggunakan lipstik. Bukan tanpa sebab, lipstik dinilai memiliki kekuatan besar dalam menunjang penampilan seseorang. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Namun di hari pertama bekerja di puasa ramadhan 1445 H usai libur panjang Nyepi, tidak sedikit dari wanita pekerja yag memilih untuk tidak memakai lipstik. Alasannya ada beberapa pendapat di masyarakat bahwa menggunakan lipstik dapat membatalkan puasa. Benarkah demikian? Scroll lebih lanjut ya.

Terkait hal itu, Ustaz Abdul Somad (UAS) membantahnya. Dia menyebut menggunakan lipstik saat puasa tidak membatalkan puasa. 

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

“Lipstik tak membatalkan puasa kecuali memakai lipstik meminum es teh itu batal,” kata UAS dikutip dari tayangan YouTube Okta Nur Amalia.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Lebih lanjut, lipstik tak membatalkan puasa ini mengacu pada mazhab Hambali. Disebutkan bahwa bahkan mencicip gulai di ujung lidah saat puasa tidak membatalkan puasa itu sendiri.

“Tapi yang menjadi masalah, lipstik itu (dipakai) di luar (di bibir) mazhab Hambali jangankan di luar, ujung lidah mencicip gulai tidak batal. Tapi mencicip (gulai) sekali jangan setengah mangkuk,” kata UAS.

Namun UAS juga menekankan pada muslimat untuk tidak menggunakan make up. Pasalnya make up bisa memberikan ketergantungan pada seseorang. Sebagai contoh ketika seseorang tak menggunakan make up dia tak akan percaya diri (pede) bertemu dengan orang lain.  

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad

Photo :
  • YouTube Cerita Untungs

“Cuman masalah lipstik ini masalah ini jangan pakai-pakai make up (lipstik) merah, (eyeshadow) hijau biru. Muka putih tangan hitam, banyak jamaah kita tidak pakai make up, yang penting inner beauty karena kecantikan dari dalam,” katanya. 

UAS menambahkan,”Cantik karena cahaya tahajud mu, Karen orang sudah terbiasa memakai make up, ketika tidak pakai make up dia tidak pede, tidak berani hadapi orang. Orang terpaksa suatu hari masuk tanda tangan melompat orang disangka mak lampir,” ujarnya.

Selain itu, UAS juga menyebut bahwa menggunakan make up sendiri tidak baik untuk kulit. Sebab make up dapat membuat wajah semakin kusam, lantaran make up menutup pori-pori.  

“Make up itu membuat wajah makin kusam, hitam karena pori-pori tertutup. Jadi tak usah pakai make up,” katanya.

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya