Ustaz Khalid Basalamah Ungkap 3 Waktu Mustajab Dikabulkannya Doa di Bulan Ramadhan

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Pixabay/ Hamsan

VIVA Lifestyle – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh ampunan dan keberkahan. Selama satu bulan lamanya, umat muslim saling berpacu dalam mencari keberkahan dan kebaikan Ramadhan. Selain itu, ramadhan juga diketahui menjadi bulan yang penuh ampunan dan menjadi bulan mustajab untuk dikabulkannya semua doa-doa yang dipanjatkan.

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Namun selama berpuasa, ada tiga waktu yang paling mustajab dikabulkannya doa-doa yang kita panjatkan kepada Sang Pencita. Kapan saja? Scroll lebih lanjut ya.

Menurut keterangan ustaz Khalid Basalamah, waktu yang paling mustajab di bulan Ramadhan adalah pada saat sahur. Dijelaskannya bahwa sahur masuk dalam sepertiga malam terakhir.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

“Umumnya kalau Anda makan sahur sejam sebelum subuh, hadist Muslim kata Nabi Muhammad SAW ‘setiap malam Tuhan Yang Maha Berkah Yang Maha Tinggi, Allah SWT Tuhan kita turun ke muka bumi. Pada saat tinggal sepertiga malam, maka Dia berkata Siapa yang berdoa KepadaKu maka akan Aku berikan. Saat dia meminta maka Aku memberi, siapa yang memohon ampun Aku maafkan’ dan itu di waktu sahur,” ungkap Ustaz Khalid dikutip dari tayangan YouTube Menambah Iman.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Waktu mustajab kedua dikabulkannya doa di bulan Ramadhan adalah di sepanjang waktu berpuasa dari adzan subuh hingga adzan maghrib. Dijelaskan beliau bahwa, Nabi Muhammad bersabda ada tiga orang yang tidak akan ditolak doanya salah satunya adalah oran yang sedang berpuasa. 

“Kedua pada saat berpuasa. Saat berpuasa sendiri mulai dari sahur sampai adzan maghrib ini waktu mustajab. Kata Nabi Muhammad SAW ‘tiga orang yang tidak akan ditolak doanya pertama orang yang berpuasa sampai dia berbuka puasa dan pemimpin yang adil dan ketiga doa orang yang terdzalimi’,” ujarnya.

Ustaz Khalid Basalamah.

Photo :
  • Youtube

Ketiga, waktu paling mustajab dikabulkannya doa adalah saat berbuka puasa. Hal ini sesuai dengan ujaran Nabi Muhammad SAW, yang mana doa yang tidak ditolak adalah doa orang-orang yang berpuasa saat dia berbuka puasa. 

“Dan pada saat berbuka karena nabi Muhammad SAW, ‘termasuk doa yang tidak ditolak adalah orang yang berpuasa saat dia berbuka puasa’ itu adalah waktu mustajab untuk berdoa,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya