Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ilustrasi meruqyah
Sumber :
  • YouTube

VIVA Lifestyle  – Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

Deretan Fitnah Dajal di Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai oleh Manusia

Dalam Islam, dikenal dua macam ruqyah yaitu ruqyah syar'iyyah dan ruqyah syirkiyyah. Syariyyah yaitu ruqyah yang benar sesuai syariat Islam, sementara syirkiyyah yaitu ruqyah yang dapat membawa kepada kesyirikan.

Umumnya, kita mengetahui, ruqyah dilakukan oleh profesional seperti ustaz atau ahli ruqyah yang mengerti metode penerapannya. Tapi sebetulnya, ruqyah bisa dilakukan secara mandiri. 

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Lantas, bagaimana penerapan dan doa yang dibaca untuk ruqyah diri sendiri

Alquran (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Pixabay
Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

1. Baca doa ruqyah diri sendiri

Awali dengan membaca taawudz: Audzu billahi minas syaitonir rojim. Allahumma inni audzubika minas syaithanirrajim min hamazihi wanafkhihi wanafatsih.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Subhanawata'ala dari setan yang terkutuk. Wahai Tuhanku. Sesungguhnya aku berlindung dengan Engkau dari setan yang terkutuk dari gurisan-gurisannya, dari tiupan-tiupannya dan dari hembusan-hembusannya.

2. Membaca surah Alfatihah

Artinya: "Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." Aaamiiinn

3. Membaca Ayat Kursi

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa takhudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasfa'u indahuu illaa biidznih, yalamu maa baina aidihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyaiim min ilmihii illaa bimaa syaa wasia kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa yauuduhuu hifdhuhumaa wahuwal aliyyul adhiim.

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi.

Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

4. Membaca Surah Al-Mu'awwidzatain

Surat Al-Mu'awwidzatain terdiri dari Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Ketiga surah ini diturunkan ketika Rasulullah khawatir akan sihir dari orang yahudi yang menimpanya dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan manusia, syaitan dan juga jin.

Berkat permohonan Rasulullah, Allah menurunkan surah diatas sebagai hadiah bagi Rasulullah dan seluruh umat manusia untuk menangkal segala gangguan dari jin dan manusia.

5. Gunakan media air

Seperti yang disabdakan Rasulullah. “Sebaik-baiknya obat adalah air”

Gunakan air putih yang terlebih dahulu diberi bacaan doa di atas. Jika sudah, maka Anda bisa meminumnya karena air tersebut dinilai akan bermanfaat untuk melindungi tubuh.

Sebelum meruqyah diri sendiri, pastikan Anda telah berwudhu, mengenakan pakaian tertutup dan berserah diri sepenuhnya hanya kepada Allah SWT.

Ilustrasi air

Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi bergosip/gibah.

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

Dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, dikatakan bahwa menyampaikan keburukan atau aib (ghibah) seseorang sama dengan memakan daging bangkai saudara kita sendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024