Jangan Abaikan Tanda Ini, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Ciri Malam Lailatul Qadar

Ustaz Adi Hidayat (UAH)
Sumber :
  • YouTube: Ustaz Adi Hidayat

VIVA Lifestyle –Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Malam Lailatul Qadar dipercayai sebagai malam di mana keutamaan dan kemuliaan Allah SWT diturunkan kepada umat-Nya. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Keagungan malam ini melebihi ribuan bulan, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran QS. al-Qadr ayat 1-5. Lantas kapan malam Lailatul Qadar terjadi di tahun 2024? Scroll lebih lanjut ya.

Malam Lailatul Qadar yang jatuh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan pada tanggal ganjil ini diketahui berdasarkan hadist yang diriwayatkan Aisyah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan:

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal ganjil dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan". (HR. Bukhari)

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Namun kepastian kapan malam Lailatul Qadar sendiri tidak ada yang tahu. Itu semua adalah rahasia Allah SWT, sebab jika malam Lailatul Qadar ini diberitahukan tanggal kepastiannya, maka orang akan beribadah sebanyak-banyaknya hanya pada tanggal tersebut dan tidak giat lagi beribadah ketika tanggal tersebut sudah lewat. 

Meski demikian, ada beberapa ciri atau tanda dari malam Lailatul Qadar. Ustaz Adi Hidayat mengungkap bahwa salah satu yang bisa dirasakan oleh umat muslim tentang datangnya malam Lailatul Qadar ada satu malam yang membuat orang tersebut terbangun sendiri.

"Nanti ada satu tuh, ada satu dari sekian malam Ramadhan. Ada satu yang kita itu dibikin terus aktif malamnya, yang kalau mau tidur pun, 'eh bangun, bangun, bangun', pernah merasakan itu enggak?," kata Ustaz Adi Hidayat dikutip dari tayangan YouTube Kajian Islam Chanel.

Ilustrasi lailatul qadar

Photo :
  • vstory

Ustaz Adi Hidayat mengungkap bahwa momen tersebut tidak datang setiap waktu. Namun yang jelas akan ada momen dimana umat tersebut akan dibuat bangun sendiri untuk beribadah. 

"Itu tidak setiap waktu, bukan karena ada agenda solat malam malanya tapi dibikin bangun, bangun. Saya tidak harus nyampaikan kapan waktunya saya bisa merasakan itu. Tapi itu kan rahasia Allah untuk kita kadang-kadang getarannya bisa tidak sama," ungkap beliau.

Tak hanya itu saja, Ustaz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa ada beberapa petunjuk atau tanda alam terkait malam Lailatul Qadar. Salah satunya adalah suasananya yang lebih tenang dibanding dengan hari-hari lainnya.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Photo :
  • Istimewa

"Tapi nanti bisa menemukan petunjuk yang sama dari suasana alam. Nah diantaranya lebih tenang, ada hadis-hadis yang menunjukkan paginya itu lebih tenang, enggak terlampau panas, tidak terlampau dingin. Cahaya mataharinya sejuk, enak gitu nyaman ya," ujarnya.

Di sisi lain, berbicara mengenai malam Lailatul Qadar. Ada beberapa anjuran yang bisa dikerjakan salah satunya adalah solat lalilatul qadar. Solat lailatul qadar ini dapat dilakukan dua rakaat. 

Berikut ini niat dari solat lailatul qadar

"Ushallî sunnatan fî lailatil qadri rak'âtaini mustaqbilal qiblati lillâhi ta'âlâ. Allâhu Akbar.

Artinya: Saya niat sholat sunnah Lailatul Qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Taala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya