5 Kebaikan Berpahala yang Bisa Dilakukan di Sisa Ramadhan, Jangan Sia-siakan!

Ilustrasi salat/mengajarkan anak salat.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan, di mana umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan kebaikan

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Di sisa Ramadhan ini, masih banyak kesempatan untuk meraih pahala dan kebahagiaan dengan melakukan berbagai kebaikan. Berikut 5 kebaikan yang bisa dilakukan di sisa Ramadhan. Yuk, scroll.

1. Menjalankan Salat Tarawih dan Tadarus Alquran
Salat Tarawih dan Tadarus Alquran merupakan amalan khas Ramadhan yang tidak boleh dilewatkan. Salat Tarawih dapat dilakukan di masjid atau di rumah bersama keluarga. Sedangkan Tadarus Alquran dapat dilakukan secara individu atau bersama-sama.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik

2. Memperbanyak Doa dan Istighfar
Momen Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak doa dan istighfar. Kita dapat memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat dan mendoakan hal-hal yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

3. Menjaga Lisan dan Perbuatan
Di bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk menjaga lisan dan perbuatan dari hal-hal yang tidak baik. Hindari berkata kasar, berbohong, dan melakukan perbuatan yang dapat menyakiti orang lain.

4. Berbagi Kebaikan di Media Sosial
Di era digital ini, kita dapat memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan kebaikan. Kita dapat membagikan konten-konten positif dan inspiratif, seperti ayat-ayat Alquran, hadis, dan kisah-kisah teladan.

5. Beramal kepada Sesama
Salah satu amalan utama di bulan Ramadhan adalah beramal kepada sesama. Kita dapat membantu mereka yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim piatu, dan kaum dhuafa. Beramal tidak harus dengan uang, tetapi bisa juga dengan barang-barang kebutuhan pokok, seperti sembako, pakaian, dan lain sebagainya.

Bicara beramal, Grab menyalurkan donasi Rp1,5 miliar melalui BenihBaik kepada 8 komunitas dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga ke Nusa Tenggara Barat, untuk melanjutkan aksi sosial, seperti pelestarian lingkungan, pengembangan pariwisata daerah, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas, serta pendidikan.

Delapan komunitas yang menerima donasi untuk aksi sosial adalah Greeneration Foundation, Bhumi Journey, BWCC, CSPS, Nara Kreatif, Ecoton Foundation, Teras Mitra, dan Rappo. 

Pemberian donasi ini merupakan bagian dari #Aplikasih, sebuah inisiatif Grab untuk membangkitkan kembali semangat berbagi kasih kepada teman, keluarga, kolega, masyarakat sekitar, hingga mereka yang membutuhkan, sejalan dengan semangat Ramadan untuk saling memberi dan memperkuat ikatan sosial. 

Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia, menyampaikan terima kasih kepada 8 komunitas yang telah melakukan aksi sosial, untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat. 

"Kami percaya akan kuatnya solidaritas masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, apresiasi yang setinggi-tingginya juga kami tujukan kepada pengguna Grab yang telah berpartisipasi dalam donasi ini. Melalui inisiatif #Aplikasih ini, kami berharap masyarakat juga dapat terus berbagi kasih, melebihi dari apa yang diberikan dalam layanan Grab," ujar Melinda dalam keterangannya, dikutip Sabtu 6 April 2024. 

BenihBaik menyambut baik inisiatif #Aplikasih untuk berkolaborasi dengan komunitas dalam melakukan aksi sosial. Andy F. Noya, Pendiri dan CEO BenihBaik.com, mengatakan, dia melihat antusiasme yang besar dari para komunitas sejak awal program donasi ini diinisiasi.

"Tidak hanya berfokus pada program yang berkelanjutan, kami juga melihat bangkitnya semangat gotong royong yang menjadi kekuatan bangsa kita. Kolaborasi kebaikan ini juga memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan kepedulian antar sesama," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya