Ternyata Jenis Musik Ini Disukai Anjing

Anjing memakai kostum di parade Halloween
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz

VIVA.co.id – Musik memiliki pengaruh dalam meningkatkan mood seseorang karenanya, beberapa jenis musik banyak disukai untuk sekadar relaksasi. Namun, apakah hal tersebut juga berlaku bagi hewan?

Band Ini Coba Perkenalkan Genre New-Gothic di Indonesia

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior menunjukkan bahwa anjing di tempat penampungan hewan lebih suka mendengarkan musik jenis reggae dan soft rock dibandingkan genre musik lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh  SPCA Skotlandia dan University of Glasgow ini mempelajari bagaimana genre musik yang berbeda memengaruhi tingkat stres anjing di penampungan, demikian dilansir Huffington Post.

Selama Pandemi, Genre Musik Ini Paling Diminati Pecinta Musik

Dalam penelitian ini, anjing-anjing mengenakan monitor jantung saat mendengarkan tiap jenis musik yang berbeda, termasuk Motown, pop dan klasik.

Berdasarkan penelitian tersebut ternyata musik reggae mampu mengurangi tingkat stres anjing.

9 Tahun Vakum, Steven & Coconuttreez Akhirnya Rilis Lagu Baru

"Secara keseluruhan, respons terhadap genre yang berbeda memfokuskan kemungkinan bahwa seperti manusia, anjing  memiliki preferensi musik individu mereka sendiri," kata  Profesor dari University of Glasgow, Neil Evans.

Lebih lanjut profesor Neil mengungkapkan bahwa musik reggae dan soft rock menunjukkan perubahan positif tertinggi dalam perilaku anjing.

Neil percaya bahwa hasil penelitian ini baik untuk mengurangi tingkat stres anjing yang berada di penampungan, terutama untuk anjing yang baru tiba.

"Kami ingin melatih anjing agar memiliki pengalaman yang baik," kata Evans.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya