Waspada, Salah Pilih Air Kemasan Akibatkan Kerusakan Gigi

Beragam merek air kemasan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Konsumsi cukup air agar selalu terhidrasi merupakan salah satu cara utama untuk selalu sehat.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Tapi, tidak semua air kemasan punya kualitas yang sama baik. Agar manfaatnya maksimal, sebaiknya air minum kemasan yang dikonsumsi memiliki persyaratan tertentu.

Karena banyak merek air kemasan mengandung level keasaman pH yang tinggi dan tambahan flouride yang berisiko merusak gigi.

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Dilansir dari laman Reader's Digest, Profesor Augusto Robles, DDS, MS, DMD, dari sekolah kedokteran gigi UAB School of Dentistry, melakukan penelitian untuk menguji kandungan pH dan flouride pada berbagai merek air kemasan.

"Jika pH di bawah angka 5,5 maka air minum itu mampu menghancurkan enamel gigi. Bagian enamel penting sebagai perlindungan di lapisan teratas gigi. " ungkap Augusto.

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

Kendati demikian, banyak perusahaan air minum yang menganggap sepele hal tersebut. Pasalnya, kandungan pH biasanya juga memengaruhi rasa dari air minum yang diproduksi.

Isu terkait erosi gigi ini sudah berkembang sejak 20 tahun lalu. Bàhkan, meski pilihan minuman Anda sudah beralih dari soda ke air putih, itu belum menjanjikan dampak kesehatan yang baik, khususnya untuk kesehatan gigi.

Jumlah kecil saja pada fluoride yang dikonsumsi dari air minum, dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi secara jangka panjang.

"FDA memang telah memberikan standar khusus dan ijin terkait air minum kemasan yang aman dan layak konsumsi. Tapi sayangnya, kesehatan gigi kurang dipertimbangkan." terang Augusto.

Ada baiknya, kita lebih teliti membaca label kemasan minuman atau makanan yang akan kita konsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya