Asuhan Paliatif Bukan Hanya untuk Orang yang akan Meninggal

Rina, perawat Rachel House bersama anak asuhan paliatif
Sumber :
  • Dok, Rachel House

VIVA – Pernahkah Anda mendengar tentang asuhan paliatif? Asuhan paliatif adalah suatu spesialisasi medis bagi orang yang hidup dengan penyakit serius serta keluarga mereka. Dalam praktiknya asuhan paliatif bertujuan mengurangi penderitaan pasien, dengan memastikan pasien tidak terganggu rasa nyeri atau masalah fisik lainnya. 

Tak Cuma Kemo, Pasien Kanker Juga Butuh Dampingan Psikologis

Tak hanya itu, asuhan paliatif juga bisa membantu pasien dan keluarga menangani masalah emosional, sosial, dan spiritual yang disebabkan oleh penyakit serius. Intinya, asuhan paliatif memastikan pasien dapat hidup senyaman mungkin, tanpa kesakitan. 

Banyak yang menduga bahwa pasien dengan asuhan paliatif adalah orang-orang yang dekat dengan kematian, atau pasien dengan harapan hidup yang tipis.

Tips Membantu Anak Hadapi Kehilangan dan Duka Cita

Padahal hal itu tidaklah benar. Pasien dengan penyakit serius bisa mendapat asuhan paliatif bahkan sejak awal mereka terdiagnosis. 

Bahkan asuhan paliatif bisa dilakukan bersamaan dengan proses pengobatan si pasien, atau ketika pasien menjalani pengobatan lain.

HIV AIDS Tak Mudah Menular, 3 Fakta Ini Wajib Diingat

Pada pasien dengan penyakit tahap akhir, asuhan paliatif membantu pasien untuk hidup dengan nyaman dan tanpa kesakitan hingga akhir hayatnya, termasuk membantu mempersiapkan pasien dan keluarga untuk menghadapi kematian. 

Jika saatnya tiba, asuhan paliatif membantu pasien meninggal dengan bermartabat, dikelilingi oleh keluarga dan orang tersayang. Setelah pasien meninggal pun, asuhan paliatif memberikan dukungan bagi keluarga dalam menghadapi rasa duka dan kehilangan.

Ibu Yus, relawan Rachel House bersama anak asuhan paliatif

Apa yang Anda dapat dari asuhan paliatif? 

Saat buah hati atau bahkan Anda didiagnosis penyakit serius, tentunya itu akan berdampak pada seluruh aspek kehidupan serta keluarga. Asuhan paliatif bisa meredakan rasa nyeri dan gejala lain yang mengganggu seperti sesak napas, mual muntah, dan luka berat.

Tim asuhan paliatif biasanya terdiri dari berbagai profesi seperti dokter, perawat, psikolog, pekerja sosial, rohaniawan, dan relawan. 

Tim multidisiplin ini memberikan dukungan emosional, sosial, dan spiritual seperti membantu memahami penyakit dan berbagai pilihan pengobatan yang ada, membuat keputusan tentang pengobatan pasien, hingga membantu mengelola kekhawatiran atau stres yang disebabkan oleh penyakit serius.

Di mana saya bisa dapat asuhan paliatif?

Asuhan paliatif bisa diberikan di rumah, rumah sakit, puskesmas, atau di fasilitas kesehatan khusus yang disebut hospis. Rachel House menyediakan asuhan paliatif rawat rumah secara gratis bagi anak-anak yang hidup dengan penyakit serius di Jakarta dan sekitarnya. 

Anda juga bisa mendapat layanan asuhan paliatif di beberapa rumah sakit besar di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. 

Selain itu, asuhan paliatif juga bisa Anda dapatkan di rumah. Rachel House adalah suatu lembaga nirlaba yang menyelenggarakan asuhan paliatif di rumah secara tidak berbayar, khususnya bagi anak-anak dengan penyakit serius yang membutuhkan asuhan paliatif. 

Apakah sulit mendapat asuhan paliatif?

Ya. Saat ini, hampir 700.000 anak Indonesia hidup dengan penyakit serius, tapi kurang dari satu persen mendapat obat antinyeri atau asuhan paliatif. 

Karenanya, didukung oleh pakar asuhan paliatif internasional, Rachel House juga menyediakan pelatihan asuhan paliatif bagi dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lain dari seluruh Indonesia agar mereka pun dapat memberikan layanan yang efektif dan berbelas kasih.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Rachel House, dan asuhan paliatif Anda bisa mengunjungi www.rachel-house.org atau hubungi info@rachel-house.org. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya