5 Sebab Jerawat Sering Muncul di Area Sama Plus Cara Atasi

Jerawat sering dialami oleh wanita.
Sumber :
  • doctoroz

VIVA – Tak jarang jerawat membandel di wajah timbul di tempat yang sama terus-menerus. Meski menyebalkan, hal tersebut ternyata memiliki beberapa alasan dan bisa dicegah dengan tepat.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Dikatakan dokter spesialis kosmetik di Ottawa Skin Clinic, Alain Michon MD., terdapat beberapa faktor utama penyebab jerawat seringkali timbul di tempat yang sama di wajah. Berikut alasan disertai cara mencegah timbulnya kembali jerawat.

Hal yang sama dibenarkan oleh Spesialis Kulit dan Kelamin dr Atika Kusuma Dewi, SpKK, menurutnya salah satu alasan mengapa jerawat sering tumbuh di tempat yang sama karena area tersebut salah satu tempat produksi minyak.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

"Jerawat punya tempat tersendiri, biasanya di area-area yang produktif minyak. 99 persen di wajah dan 'T zone' yaitu kening pelipis, sampai hidung. Kalau di tubuh itu biasanya di punggung, lengan atas dan dada. Itu tempat kelenjar minyak berproduksi," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Jumat 22 April 2018.  Lebih lanjut, berikut ini alasan lain mengapa jerawat sering tumbuh di area yang sama.

Wanita berjerawat.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

1. Penggunaan kosmetik yang salah

Harga kosmetik yang selangit, belum tentu memiliki kandungan bahan yang aman untuk setiap kulit wajah seseorang. Kosmetik yang bersifat komedogenik dapat menutupi pori-pori dan menghasilkan jerawat akibat komedo tersebut.

Untuk menghindarinya, pastikan melakukan pengecekan pada label kosmetik agar memahami kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan agar kandungannya tidak bersifat komedogenik yang bisa menyumbat kulit.

2. Produk rambut

JIka jerawat selalu muncul di area dahi, Anda bisa kembali mengecek produk rambut yang rutin dipakai. Biasanya jerawat timbul akibat pemakaian hair spray dan minyak rambut. HIndari sebisa mungkin tiap helai rambut agar tidak menyentuh kulit wajah.

3. Aplikasi makeup secara kasar

Cara memakai make up yang salah, dapat memicu jerawat karena distimulasi oleh proses panas, tekanan, dan gesekan pada kulit. Ini seringkali terjadi pada area mata, di mana produk kosmetik pada mata digunakan terlalu kasar dan terburu-buru.

4. Menyentuh wajah

Rata-rata seseorang menyentuh wajah sebanyak 3,6 kali per jam. Ini tentunya memicu bakteri dengan mudah berpindah dari tangan ke wajah dan memicu timbulnya jerawat. Hal ini juga seringkali terjadi tanpa disadari saat usai mengonsumi makanan dan lupa mencuci tangan kemudian menyentuh area sensitif di wajah.

5. Hormon

Beberapa hormon tertentu dapat menjadi timbulnya jerawat di area yang sama. Untuk mencegahnya, coba pelajari lebih dalam terkait area yang selalu dihinggapi jerawat dan pahami isu kesehatan di tubuh yang berpotensi menimbulkannya lalu cari cara untuk mengatasi isu tersebut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya