Sering Dihindari, Ternyata Ini Manfaat Sehat Emping Melinjo

Melinjo
Melinjo
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Emping Melinjo sudah tak asing lagi bagi masyarakat, yang merupakan makanan ringan olahan dari biji melinjo yang sudah tua. Emping melinjo sering dijadikan sebagai teman makanan pokok (nasi) dan minum teh. 

Selain sebagai makanan alternatif, manfaat emping melinjo telah ditemukan oleh peneliti dari Jepang. Panganan itu mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat menangkal berbagai radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. 

Memiliki bentuk padat, pipih, kering, rasanya agak pahit dan memiliki aroma yang khas seperti aroma kacang almond. Beberapa orang enggan mengonsumsi emping melinjo karena mengandung senyawa purin.

Emping rasa aneka buah 

Senyawa purin yang terkandung dalam emping melinjo selain berdampak negatif terhadap kesehatan manusia seperti adenin yang dapat menurunkan pertumbuhan, Melinjo juga dapat meningkatkan aktifitas enzim purin di hati, perubahan pada pola ekskresi purin di urin, sehingga volume urin meningkat dan terjadi pembesaran ginjal.

Begitu banyak dampak negatif konsumsi emping melinjo, lalu masihkah ada manfaatnya untuk kesehatan?

Pakar gizi klinis, Dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK akan menjelaskan manfaat lain emping melinjo untuk kesehatan yang jarang diketahui dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Rabu 2 Mei 2018.