Nasi Putih Lebih Jahat dari Minuman Manis

Ilustrasi nasi putih.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Data International Diabetes Federation menyatakan jumlah estimasi penyandang Diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta jiwa. 

Fakta Mengejutkan! Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Putih Saat Sahur Picu Lapar Siang Hari

Sebagai konsekuensinya, diabetes kini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Dilansir dari laman resmi Depkes, 90 persen penderita diabetes di seluruh dunia merupakan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.  Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) bahkan mengungkapkan bahwa sebetulnya 80 persen dapat dicegah.

Sayangnya, salah satu gaya hidup tidak sehat yang berisiko tinggi terhadap diabetes adalah kebiasaan makan nasi putih yang sudah sangat lekat dengan keseharian masyarakat Asia, khususnya Indonesia. 

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Lalu, apakah asumsi ini terbukti benar secara medis, atau sekadar mitos belaka? Lantas apakah kita mesti menghindari makan nasi putih? Yuk, telusuri lebih lanjut untuk mengetahui faktanya.

BACA SELENGKAPNYA

Sering Ngantuk Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes, Waspada!
Ilustrasi menguap, mengantuk, malas.

Mitos atau Fakta: Makan Nasi Saat Sahur Bikin Ngantuk Seharian?

Rasa kantuk selama menjalani ibadah puasa sering melanda. Terlebih jika sudah memasuki waktu siang hari menuju sore hari. Benarkah karena terlalu banyak konsumsi nasi?

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024