Begini Cara Masak Nasi Putih Bisa Pangkas 50 Persen Kalori, Cukup Pakai Bahan Ini!

Ilustrasi nasi putih
Sumber :
  • pixabay

JAKARTA  – Nasi putih menjadi bahan makanan utama bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan energi serta merasakan lebih kenyang. Namun, nasi putih juga kerap disebut-sebut sebagai biang kerok gula darah meningkat hingga memicu obesitas dan diabetes. Untuk itu, memasak nasi putih untuk memangkas kelebihan kalori di dalamnya.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Mengurangi jumlah kalori termasuk dalam sebagian besar diet untuk penurunan berat badan, tetapi terkadang hal itu bisa menjadi sulit. Karena itu, banyak orang cenderung menghindari karbohidrat, terutama nasi, untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. 

Namun sebelumnya, penting untuk memahami bagaimana nasi bereaksi di dalam tubuh.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Dikutip laman Indian Express, menurut para ahli, nasi diubah menjadi glikogen di dalam tubuh yang menjadi bahan bakar pemulihan pasca-latihan yang bagus untuk otot jika seseorang berolahraga secara aktif. Namun bila tidak digunakan, glikogen ini segera menjadi glukosa dan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Jadi, apa yang bisa dilakukan? Menurut penelitian, salah satu cara efisien untuk mengurangi kalori pada nasi adalah dengan menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air mendidih lalu menanak nasi di dalamnya selama kurang lebih 25 menit. Sesederhana itu!

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Tiriskan kelebihan air, jika ada. Kemudian dinginkan di lemari es selama 12 jam. Menggunakan minyak kelapa saat memasak dan kemudian mendinginkan nasi dapat memangkas kalori sebanyak 60 persen, menurut penelitian tahun 2015 yang dipresentasikan di American Chemical Society.

“Kami menemukan bahwa peningkatan konsentrasi pati tahan beras (RS) adalah cara baru untuk mengatasi masalah tersebut. Jika varietas beras terbaik diolah, bisa mengurangi kalori sekitar 50-60 persen,” kata Sudhair A James, yang memimpin penelitian di College of Chemical Sciences, Colombo, Western, Sri Lanka.

Menurut penelitian, pati yang merupakan komponen beras dapat dicerna atau tidak dapat dicerna. Namun, tidak seperti jenis pati yang dapat dicerna, pati resisten, yang tercipta karena perendaman semalaman, tidak dipecah di usus kecil tempat karbohidrat dimetabolisme menjadi glukosa dan gula sederhana lainnya dan diserap ke dalam aliran darah.

Jadi, seseorang dapat mencegah kenaikan berat badan jika pati yang dapat dicerna diubah menjadi pati resisten, yang kemudian dapat menurunkan jumlah kalori.

Tanvi S Chiplunkar, ahli gizi senior di Rumah Sakit Bhatia Mumbai menambahkan bahwa pati resisten membantu menjaga keseimbangan mikroba (usus) tetap sehat, memberikan proporsi yang lebih besar dari bakteri usus baik hingga jahat.

“Saat Anda makan pati resisten, ia melewati usus kecil yang tidak tercerna, tempat nutrisi diserap, ke usus besar. Di sana, itu menjadi bahan bakar bakteri baik tubuh,” kata Chiplunkar.

Preety Tyagi, pelatih kesehatan utama, ahli gizi, dan pendiri MY22BMI mengatakan kepada bahwa pati yang resisten tidak akan mengendap di dalam tubuh saat tidak digunakan. Selain itu, jenis pati itu dapat mengisi tubuh dengan kalori yang pada dasarnya tidak perlu dibakar oleh tubuh, membuatnya tidak begitu lapar akan makanan lain.

“Ini juga alasan mengapa kadar gula (glukosa) darah naik lebih lambat setelah makan dengan pati resisten,” kata Chiplunkar.

“Peningkatan kadar gula darah yang lebih lambat juga membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih baik. Ini dapat meningkatkan kontrol diabetes tipe-2 dan manajemen berat badan,” kata Chiplunkar.

Setelah menguji 38 varietas beras di Sri Lanka, tim peneliti memusatkan perhatian pada cara tertentu untuk memasukkan minyak kelapa. Pendinginan selama 12 jam akan menyebabkan terbentuknya ikatan hidrogen antara molekul amilosa di luar butiran beras yang juga mengubahnya menjadi pati resisten. Memanaskan kembali nasi untuk dikonsumsi, menurutnya, tidak mempengaruhi kadar pati resisten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya