Kisah Petugas PPIH Enjang Nurdiansyah: Ikhlas Melayani Jemaah Haji Layaknya Orangtua Sendiri

KKHI Mekkah mengevakuasi 11 jemaah haji sakit ke Madinah
Sumber :
  • Kemenkes

MADINAH – Menjalani tugas sebagai Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/ 2023 M Bidang Kesehatan selama tiga bulan, memberikan banyak pengalaman luar biasa untuk Enjang Nurdiansyah. Petugas rekam medis KKHI Madinah ini menyampaikan bahwa penugasan sebagai PPIH Bidang Kesehatan di Arab Saudi tahun ini sangat luar biasa. 

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Ia sangat bersyukur bisa membantu jemaah haji dimana tahun ini jumlah jemaah haji Lansianya sangat besar. Sebagai petugas rekam medis yang bekerja di balik komputer mengaku sempat meneteskan air mata saat rekan-rekan petugas kesehatan di KKHI Madinah dengan ikhlas melayani jemaah haji. Mereka perlakukan jemaah haji sakit Lansia ini layaknya seperti orang tua di tanah air. 

“Sering saya mengamati rekan-rekan saat melayani jemaah haji seperti ketika menggendong, menyuapi makan pasien, dan mengganti pakaian jemaah sakit. Keikhlasan mereka sangat terasa hingga sempat saya meneteskan air mata. Mereka layani jemaah haji ini layaknya mereka layani kedua orang tua mereka,” tuturnya. 

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Penanggungjawab Medis KKHI Mekah dr. Muhaimin Munizu, Sp.JP

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Alhamdulillah bersyukur banget bisa langsung membantu duyufurrahman yang sebagian besar adalah Lansia, serasa melayani orang tua sendiri, pernah beberapa kali juga di buat menangis melihat ikhlasnya petugas melayani jemaah, seperti ketika menggendong, menyuapi makan pasien atau mengganti pakaian jemaah sakit. 

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Pak Enjang sapaannya sehari-hari bertugas di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung menyampaikan rasa syukurnya bisa bertugas sebagai PPIH Bidang Kesehatan di Arab Saudi khususnya di KKHI Madinah. Di sini ia mengaku bertemu dengan rekan sejawat yang bisa diajak kerja sama dan mudah menjalin kedekatan sehingga tugas beratpun bisa dijalani. 

Bagi Enjang, setiap pengalaman yang didapatnya sangat menarik. Baik pengalaman di KKHI Madinah hingga saat bertugas sampai lebih dari 24 jam saat puncak haji dimana pasien tidak henti-hentinya berdatangan di Pos Kesehatan Mina akan selalu dikenang. 

“Setiap pengalaman yang saya dapat  selama bertugas menarik. Paling akan saya ingat adalah pengalaman saya saat bertugas di Poskes Mina dimana jemaah haji sakit datang tidak ada hentinya sehingga harus tetap bertugas hingga lebih dari 24 jam," pungkasnya. 

Perlu diketahui hingga saat ini, 31 Juli 2023, berdasarkan data Penyelenggaraan Kesehatan di Arab Saudi, Kementerian Kesehatan mencatat bahwa selama penyelenggaraan ibadah haji ada 2.718 yang dirawat inap di KKHI, dan yang masih dirawat hingga saat ini masih ada 19 jemaah. Sementara jumlah jemaah meninggal dunia hingga hari ini mencapai 761 orang.

Dan dari data Siskohat hingga hari ini sudah ada 500 kloter (kelompok terbang) dengan jumlah 188.251 jemaah yang pulang ke tanah air. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya