Kisah Petugas Kesehatan Arif Joko Jadi Teknisi Elektromedis, Pantang Menyerah saat Puncak Haji

Petugas Kesehatan PPIH Arab Saudi 1444 H
Sumber :
  • Kemenkes

MADINAH – Kunci keberhasilan menjalankan tugas sebagai PPIH bidang kesehatan di Arab Saudi adalah semangat pantang menyerah dan siap jalani tugas 24 jam non-stop, hal ini disampaikan oleh PJ Elektromedis Daker Madinah Ir. Arif Joko Wuryanto, ST. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Pak joko panggilan sehari-harinya, Teknisi Elektromedis Ahli Muda di RSJ Sambang Lihum Provinsi Kalsel terpilih menjadi PPIH Bidang Kesehatan Arab Saudi Tahun 2023 melalui proses
yang panjang mulai pendaftaran, tes,  nominasi, dan pelatihan kesehatan haji

Ia mengaku dalam menjalankan tugasnya di Arab Saudi tidaklah mudah di tengah keterbatasan sarana prasarana dan Alat Kesehatan (Alkes) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Pos Kesehatan (Poskes) Mina

Photo :
  • Humas Kemkes

Ia menyampaikan kekuatan doa dan ridho Allah SWT merupakan energi terbesarnya sehingga bisa memastikan seluruh peralatan kesehatan dapat berjalan lancar demi mendukung pelayanan kesehatan. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

“Menjalankan tugas sebagai elektromedis di Arab Saudi pastinya tidak semudah jika berada di Indonesia. Banyak sekali keterbatasan sarana prasarana, hingga sulitnya mencari suku cadang Alkes yang sesuai dengan spesifikasi kami. Namun saya percaya Allah SWT pasti mudahkan jalan saya,” ungkapnya. 

Selama ia bertugas di Arab Saudi, Joko menyampaikan pengalaman uniknya sebagai elektromedis yaitu saat bertugas di puncak haji terutama di Mina. Kondisi di Mina saat itu menuntut seorang elektromedis tidak hanya pintar memperbaiki alat kesehatan, namun juga harus mempunyai  kemampuan manajemen perencaaan dan manajemen alat medik. 

Pos Kesehatan (Poskes) Mina

Photo :
  • Humas Kemkes

Selain itu Joko menyampaikan bahwa, saat bertugas di Mina sangat diperlukan keahlian dalam pemeliharaan listrik arus kuat dalam bertegangan tinggi. Hal ini dirasa perlu karena beberapa kali terjadi urgensi sehingga perlu melakukan perbaikan alat di mana alat tersebut tidak boleh dalam keadaan padam saat pelayanan. Jika padam, maka akan berpengaruh pada keselamatan pasien. 

“Paling unik yang saya rasakan adalah saat bertugas di Mina saat puncak haji. Kondisi saat itu mendorong kami elektromedis untuk memutar otak terutama untuk memperbaiki alat kesehatan yang butuh untuk digunakan segera. Sempat saya harus memperbaiki oksigen consentrator dalam kondisi tersambung dengan listrik bertegangan tinggi," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya