Bawang Putih Tunggal Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit? Ini Kata Ahli

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay/postchiangmai0

VIVA – Bawang putih tunggal atau dikenal dengan bawang putih lanang, merupakan salah satu jenis bawang yang hanya memiliki siung tunggal. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Berbeda halnya dengan bawang putih pada umumnya yang sering digunakan untuk memasak, bawang putih tunggal tidak pernah digunakan untuk memasak. Masyarakat lebih sering menggunakannya sebagai bahan obat herbal untuk mencegah atau mengatasi berbagai penyakit, karena diyakini memiliki khasiat yang luar biasa. 

Dilansir Naturally Yours, bawang putih tunggal biasa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang putih tunggal bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida. Benarkah?

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Menjawab hal itu Pakar Farmakologi dr. Rika Yuliwulandari, M.Hlt.Sc, PhD, Dipl.DK akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Rabu 11 Juli 2018.

Tak hanya bawang putih tunggal, AYO HIDUP SEHAT juga akan mengupas isu seputar penyakit osteoporosis bersama spesialis Orthopedi DR. Yoyos Dias Ismiarto dr. SpOT(K). MKes. CCD.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Reinita Arlin Puspita, juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Ilustrasi bawang bombay

Zaidul Akbar: Aneka Bawang Punya Khasiat Ajaib, Tapi Harus Dikonsumsi dengan Benar

Mengenai Khasiat bawang ini dr Zaidul Akbar membocorkan ilmu kesehatan terkait manfaatnya. Tapi ada pantangan yang harus diketahui saat mengkonsumsi aneka bawang ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024