5 Dampak Positif Piala Dunia Terhadap Kesehatan Mental

Bola untuk pertandingan Piala Dunia 2018
Sumber :
  • Action Images via Reuters/Carl Recine

VIVA – Setelah hampir satu bulan, perhelatan piala dunia 2018 akan berakhir dalam kurun waktu beberapa hari lagi. Kalah ataupun menang, piala dunia selalu menjadi pesta sepakbola akbar yang dinikmati banyak orang, tidak terkecuali piala dunia tahun ini.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Ternyata, sepak bola memiliki dampak pada kesehatan mental lho, termasuk emosi, hubungan, kepercayaan, dan identitias diri. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat penggemar sepak bola bahwa olahraga tersebut adalah salah satu hal terpenting di dalam hidup mereka.

Lalu, bagaimana sepak bola bisa memengaruhi kehidupan dan kesehatan mental seseorang hingga seperti itu? Berikut penjelasannya, seperti dilansir oleh portal Mental Health.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

1. Sebagai Pelarian dari Kelelahan Mental

Pada zaman ini, dimana waktu adalah hal yang berharga bagi kebanyakan orang, aktivitas santai dan hiburan memenuhi kebutuhan psikologis untuk lari dari stres dan tekanan di dalam kehidupan. Menurut penelitian, turnamen akbar sepak bola seperti piala dunia, seringkali dianggap dapat menyediakan kesempatan bagi banyak orang untuk melepas stres dalam kebersamaan.

Psikolog Bagikan Tips Jitu Merawat Kesehatan Mental Ibu saat Mengasuh Anak

BACA SELENGKAPNYA

Untuk mencapai kesehatan secara menyeluruh didukung oleh beberapa aspek. Sumber: Canva

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat Soroti Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

Lestari Moerdijat, atau yang akrab disapa Rerie, menekankan bahwa hanya generasi muda yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang kuat yang dapat mengatasi tantangan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024