WHO Sebut Kecanduan Video Game Sebagai Gangguan Kejiwaan

Ilustrasi video game.
Sumber :
  • Pixabay/Monikabaechler

VIVA – WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan kecanduan game sebagai sebuah gangguan mental. pengklasifikasian tersebut berdasarkan frekuensi bermain, durasi bermain dan intensitasnya. 

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Seorang pecandu game akan lebih mementingkan menyelesaikan permainannya daripada melakukan kebutuhan pribadi, apalagi kehidupan sosialnya. 

Akibat melalaikan banyak hal, seorang pecandu game tanpa sadar ikut menghancurkan kondisi fisiknya. Keadaan ini menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Tak hanya itu, teryata banyak kasus kematian mendadak karena berhadapan terlalu lama dengan komputer tanpa beristirahat. Lalu apakah kecanduan video game bisa diatasi?

Menjawab hal itu, pakar kejiawaan dr. Iman Firmansyah Sp.KJ akan membahas bahaya kecanduan video game dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Jumat 20 Juli 2018.

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

Tak hanya membahas dari segi kejiwaan saja, kecanduan video game juga bisa sebabkan masalah pada tulang. Pada kesempatan yang sama, topik tersebut juga akan dibahas bersama Spesialis Orthopedi dr. Christiana Linda Wahjuni, Sp.OT, M.Kes., dan pakar Rehab Medik dr. Ricky Maurice, Sp.KFR.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila, BMedSc, AYO HIDUP SEHAT juga akan tayang live streaming pada pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.

Detik-detik Mengerikan ODGJ Bacok Tetangganya Pakai Parang di Koja

Pelaku yang merupakan ODGJ saat ini sudah menjalankan observasi di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024