Amankah Minum Virgin Coconut Oil Setiap Hari?

Minyak kelapa.
Sumber :
  • Pixabay/SchaOn

VIVA – Belakangan terapi penyembuhan dengan menggunakan minyak tumbuhan mulai populer di kalangan masyarakat.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Tak hanya sebagai terapi aroma, minyak-minyak ini juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan. Salah satu yang menjadi favorit adalah Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni.

Minyak ini dibuat dari bahan kelapa murni melalui proses yang khusus sehingga bisa menjaga kandungan zat-zat penting didalamnya tetap utuh.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Kandungan terbesar dalam komposisi zat-zat penting dalam minyak kelapa murni (vco) ini adalah asam laurat, yang diketahui memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan.

Asam laurat ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur serta sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Zat baik lainnya yang terdapat dalam vco adalah asam kaprat, asam kaplirat dan asam kaproat. Pada umumnya semua jenis asam lemak rantai sedang ini memiliki fungsi sebagai antibakteri, antijamur, antivirus bahkan antikanker.

Keunikan lain dari VCO tak cuma sebagai minyak oles melainkan dapat dikonsumsi. Namun adakah efek sampingnya?

Spesialis gizi klinis Dr dr. Samuel Oetoro, MS,SpGK menyebut VCO sebagai minyak murni yang baik untuk kesehatan. Namun Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Lebih lanjut ia menjelaskan lebih detail mengenai VCO dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Rabu 1 Agustus 2018.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Dita Fakhrana, AHS akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya