Deretan Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Anak dan Ibu Hamil

Ilustrasi ibu dan anak.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pandemi COVID-19 masih melanda di seluruh dunia, termasuk Indonesia. November 2020 lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah memberikan izin edar darurat untuk dua obat yang bisa digunakan bagi pasien virus corona, yaitu Favipiravir dan Remdesivir.

Agar Gula Darah Tak Melonjak, Begini Trik Masak Nasi ala Zaidul Akbar

Tak hanya itu, BPOM juga memberikan izin penggunaan 14 jenis herbal yang sering digunakan untuk pendamping pengobatan pasien COVID-19, salah satunya adalah virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni.

Perlu diketahui, VCO memiliki banyak manfaat baik, seperti menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas. Meski begitu, Anda harus teliti dalam membeli.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Menurut Kusmiyati, Komisaris PT Deva Oil Indonesia yang menaungi produk Concos Virgin Coconut Oil, tidak semua minyak kelapa murni memiliki manfaat kesehatan yang maksimal.

Bahan dan cara pengolahan yang kurang tepat, serta belum terdaftar di BPOM membuat Anda harus benar-benar memilih produk virgin coconut oil yang berkualitas. Apalagi banyak pula produk VCO di pasaran yang belum teruji secara klinis.

Bayi Alami Sariawan? Mom Bisa Pilih Obat Alami atau Medis

Concos Virgin Coconut Oil sendiri merupakan salah satu yang sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat halal, serta produsennya sudah tersertifikasi ISO.

"Jadi aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak hingga bayi karena memiliki warna yang jernih, aroma yang sangat lembut dan tidak terasa di tenggorokan," kata Kusmiyati dalam peluncuran produk itu baru-baru ini.

Ia juga menambahkan VCO yang baik tentunya harus aman dikonsumsi oleh semua orang, tidak terkecuali ibu hamil, anak-anak dan bayi. Kandungan Asam Laurat sebanyak 57,1 persen pun efektif melawan virus, bakteri dan kuman berbahaya khususnya untuk anak dan ibu hamil.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsinya?

Kusmiyati mengatakan, virgin coconut oil bisa diminum secara langsung, digunakan sebagai bahan masakan maupun dijadikan saus dressing salad. Nilai plusnya lagi, minyak kelapa murni juga sangat cocok untuk mendukung program hidup sehat.

"Khusus untuk ibu hamil, VCO sangat aman digunakan oleh ibu hamil untuk membantu proses persalinan dan juga struktur lemaknya mirip seperti ASI, sehingga menjadi lemak baik untuk bayi," tambah Kusmiyati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya