Mata Anak Selalu Terlihat 'Malas'? Waspada Ambliopia

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pernah mendengar mata malas sebelumnya? Mata malas atau dalam istilah medis disebut dengan ambliopia merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak-anak. 

Kasus Mata Anak Dicungkil, Psikolog Soroti Kondisi Psikis Orang Tua

Namun jika dibiarkan, gejala mata malas bisa terbawa terus hingga si Kecil tumbuh dewasa. Lalu, apa penyebab, gejala dan cara penanganannya? Yuk lebih mengenal mata malas pada si Kecil sejak dini.

Ambliopia atau mata malas merupakan penurunan penglihatan akibat saraf mata yang tidak bekerja dengan baik. Kondisi ini ditandai dengan penglihatan salah satu sisi mata yang lebih buruk daripada mata lainnya. 

Gadget Picu Mata Anak Minus, Ini Tips Pencegahannya

Perbedaan kualitas penglihatan mata ini akan membuat otak mengabaikan sinyal atau impuls dari mata yang lebih lemah. Dikutip dari laman MayoClinic, mata malas rata-rata berkembang dari sejak lahir hingga usia 7 tahunan. Penyakit ini menjadi salah satu penyebab penurunan penglihatan pada kebanyakan anak.

BACA SELENGKAPNYA

Bocah Ajaib dari Bandung, Matanya Berubah 4 Warna dalam Sehari
Ilustrasi anak main gadget atau smartphone.

Paparan Gadget Picu Kelainan Mata Anak, Yuk Kenali Tandanya

Orang tua harus memantau jarak aman anak terhadap pemakaian gadget. Kemudian pastikan anak-anak diistirahatkan dari paparan gawai agar mata bisa bekerja dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2021