Tips Ajarkan Anak Perempuan Bagaimana Menjaga Kebersihan Organ Intim

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Area kewanitaan merupakan bagian yang sensitif sekaligus vital bagi setiap wanita. Karenanya, penting untuk memerhatikan kebersihan di area intim ini. Pasalnya, kebersihan area kewanitaan yang buruk, akan memicu berbagai masalah di antaranya infeksi.

Mainan Seks Sepanjang 10 Cm Nyangkut di Organ Intim Wanita, Dokter Sampai Syok!

Organ intim wanita itu tidak hanya yang tampak di permukaan, melainkan hingga ke bagian dalam, yakni liang vagina. Dalam kondisi normal, organ intim wanita memiliki tingkat keasaman yang berbeda dengan organ tubuh lainnya. Menurut dr. Mery Sulastri, spesialis urologi, idealnya, kandungan pH yang sehat di sekitar organ intim berada di angka 3,8–4,2. Keseimbangan pH alami ini perlu dijaga, agar bakteri baik tetap mendominasi.

Seluruh bakteri baik ini berfungsi untuk mencegah area kewanitaan dari berbagai risiko infeksi. Mums perlu mengajarkan cara  menjaga kebersihan area kewanitaan, kepada si Kecil sejak dini. Kebiasaan menjaga kebersihan organ kewanitaan sejak dini, ini akan berpengaruh besar pada kondisi kesehatan seksual anak perempuan saat ia beranjak dewasa kelak.

5 Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim, Yuk Terapkan Ladies

Sayangnya, tidak semua orang tua mengajarkan isu yang cukup sensitif ini pada anak perempuannya. Mungkin msih ada rasa sungkan atau tabu. 

BACA SELENGKAPNYA

6 Tipe Selaput Dara Wajib Diketahui, Sering Salah Dianggap Tanda Perawan
ilustrasi organ intim/vagina.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

Pernah mendengar istilah ratus vagina ketika pergi ke salon kecantikan atau spa? Ya, ratus menjadi salah satu treatment atau perawatan yang umum dilakukan oleh wanita.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2023