Awas, Serangan Jantung Intai Usia Muda

Ilustrasi jantung.
Sumber :
  • Pixabay/sbtlneet

VIVA – Penyakit jantung dikenal sebagai penyakit pada kelompok usia tua. Namun, saat ini, kelompok usia produktif semakin diintai oleh masalah pada jantung, khususnya serangan jantung.

Soal Donny Kesuma Sakit Jantung, Keluarga Ungkap Aktivitasnya Padat di Malam Hari

Penyakit jantung tidak lagi menyerang para lanjut usia (lansia), tapi juga mengintai mereka yang masih berada dalam usia produktif. Apa alasannya?

"Jarang olahraga, makanan berlemak yang dikonsumsi, kurang istirahat dan stresnya tinggi, membuat kolesterol tinggi mulai rentan pada usia muda," ujar presenter sekaligus Pemerhati Kesehatan, dr Lula Kamal, dalam acara Ayo Hidup Sehat, di tvOne, Rabu, 19 Desember 2018.

Donny Kesuma Ternyata Sudah Lama Idap Sakit Jantung, Pernah Pasang Ring di 2015

Tingginya kadar kolesterol mampu membuat peluang serangan jantung kian meningkat. Sebab, kolesterol tinggi dapat membuat aliran darah di jantung terhambat.

"Kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah jantung sangat berbahaya dalam memicu serangan jantung dan stroke. Karena penumpukannya itu memicu terjadinya penyempitan di pembuluh darah jantung," kata Spesialis Jantung Paru, dr. Vito Damay SpJP, di kesempatan yang sama.

Dilarikan ke RS Akibat Serangan Jantung, Begini Kondisi Terkini Donny Kesuma

Untuk itu, Lula menyarankan pencegahan yang tepat melalui asupan nutrisi yang baik. Ia menganjurkan konsumsi omega-3 yang terbukti menurunkan risiko serangan jantung tersebut.

"Tiga manfaat omega-3 yaitu menurunkan trigliserida yang baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kolesterol baik serta meminimalisir kondisi hipertensi," ucapnya. (ldp)

Donny Kesuma

Kronologi Donny Kesuma Alami Lamah Jantung hingga Dilarikan ke Rumah Sakit

Sebelumnya, Donny Kesuma ternyata sudah menjalani perawatan di rumah sakit dan sudah diperbolehkan pulang.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024