Dikira Punya Efek Penyembuh, 3 Manfaat Kluwek Ternyata Hanya Mitos

Kluwek
Sumber :
  • youtube

VIVA – Kluwek adalah salah satu jenis biji yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Tanaman khas Indonesia ini di beberapa daerah dikenal dengan berbagai nama, salah satunya kepayang.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Nama latin tanaman kluwak adalah Pangium Edule Reinw. Ciri pohon yang tinggi dan mudah ditemukan di sekitar kita. Umumnya kluwek tumbuh di tepi sungai, dan daerah yang berair. Buah kluwak berwarna cokelat berbentuk bulat lonjong dengan daging biji yang berwarna kehitaman.

Selain dibuat bumbu, ternyata tanaman kluwak memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh. Yang diyakini masyarakat, kluwek dikatakan mampu mengatasi cacingan hingga mampu mengatasi luka bakar, benarkah?

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Spesialis Gizi Klinis dr Marya W. Haryono Mgizi, SpGK mengatakan bahwa kluwek memang diduga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh seperti misalnya antibakteri dan antiradang.

"Namun belum ada penelitian lebih lanjut soal manfaat kluwek ini. Karenanya sebaiknya masyarakat berhati-hati," ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne Kamis 21 Februari 2019.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Labih lanjut Marya memberikan penjelasan soal mitos dan fakta penggunaan kluwek sebagai obat.

1. Kluwek bisa redakan penyakit kulit?

Mitos. Marya mengatakan bahwa secara general itu dikatkan dengan zat antibakteri. "Penyakit kulit identik dengan salep, atau yang diberikan secara topikal. Sebaiknya jangan gunakan kluwek seperti itu, karena dikhawatirkan justru akan memicu aktifnya bakteri."

2. Kluwek atasi cacingan?

"Mitos. Sebaiknya minum obat anti cacing. Sifat yang antibakteri itu juga sering dikaitkan dengan membasmi cacing. Padahal kedua hal itu berbeda."

3. Mengandung antiseptik dan antibakteri?

"Fakta. Hanya sayangnya hingga kini belum ada inovasi lanjutan atau belum ada yang menciptakan kluwek ini menjadi sesuatu yang aman digunakan. Antiseptik dan antibakteri itu kan sifatnya harus aman dan harus steril."

4. Mengawetkan ikan

"Fakta. Praktiknya seperti itu memang banyak terjadi. Di beberapa daerah pesisir kan banyak yang masih sulit mendapatkan es untuk menjaga ikan agar tak mudah busuk. Nah, penggunaan kluwek menjadi pilihan. Karena sifat antibakteri itu pembusukan ikan jadi terhambat."

5. Bersihkan luka bakar?

"Mitos. Luka bakar itu sangat sensitif, sebaiknya jangan digunakan secara topikal untuk luka bakar, malah jika kotor bisa membuatnya memburuk."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya