Jangan Oleskan Balsem di Bawah Hidung, Ini Bahayanya

Ilustrasi mulut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Balsem biasa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari menghangatkan tubuh, meredakan pilek, sakit perut, mual, sakit kepala, dan tenggorokan gatal. Namun, kegunaan balsem yang paling terkenal adalah untuk meredakan nyeri sendi.

Oleskan Balsam ke Mata Bocah di Shelter, Oknum Linmas Surabaya Dipecat

Menurut dr. Lonah Sp.FK, balsem memang ampuh untuk meredakan nyeri sendi. Rasa hangat yang diberikan balsem mampu memberikan kenyamanan pada sendi yang bermasalah.

"Balsem memang terbuat dari gel anti radang dan anti inflamasi yang membantu meredakan nyeri sendi," ucap Lonah dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 22 Februari 2019.

Asia Tenggara Disebut Sebagai Sumber Bahan Balsem Mumi di Mesir Kuno

Namun, ia mengingatkan bahwa balsem adalah obat luar yang penggunaannya topikal. Balsem tak boleh dioleskan pada mata atau daerah dekat mata, selaput lendir, kulit yang terluka, sensitif atau alergi.

"Balsem juga tidak boleh dioles di bawah hidup, karena berisiko menimbulkan luka dan iritasi karena kulit di area tersebut sensitif," ujarnya.

Viral Pelajar SMA "Ditatar" Alumni, Polisi: Ada Perpeloncoan dengan Diolesin Balsem dan Bon Cabe

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika terjadi iritasi atau kulit perih setelah memakai balsem, Anda harus segera hentikan pengobatan dan jika perlu  berkonsultasikan dengan dokter. (zho)

Produk balsem Indonesia dikirim ke Afrika Selatan.

Banyak Warganya Suka Aktivitas Outdoor, Balsem Indonesia Diekspor ke Afrika Selatan

Balsem menjadi obat gosok yang sangat melekat dengan tradisi pijat orang Indonesia. Balsem juga sering digunakan untuk mengatasi pegal atau ketika merasa tidak enak badan

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2023