Membedakan Gejala Gondok dan Gondongan 

Gondongan
Sumber :
  • http://www.anneahira.com

VIVA – Gondok dan Gondongan merupakan dua penyakit yang hampir mirip, mulai dari nama hingga gejala yang muncul pun mirip, yakni pembesaran kelenjar. Tapi ternyata penyakit gondok dan gondongan sangat berbeda lho.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Gejala dari godok dan gondongan biasanya yang muncul cukup serupa, yaitu pembengkakan pada area leher atau bawah rahang. Hal itu membuat gondok dan gondongan masih kerap dianggap sebagai penyakit yang sama. 

Gondok atau struma disebabkan oleh kelainan atau gangguan pada kelenjar tiroid. Dalam tubuh, kelenjar tiroid bertugas untuk mengatur sistem metabolisme dan keseimbangan hormon. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Jenis kelainan pada kelenjar tiroid yang sering menjadi pemicu terjadinya gondok adalah hipotiroid (menurunnya aktivitas kelenjar tiroid) dan hipertiroid (meningkat atau terlalu aktifnya aktivitas kelenjar tiroid). 

Di sisi lain, gondongan (mumps) adalah pembengkakan pada kelenjar liur atau kelenjar parotis, yang disebabkan oleh adanya infeksi virus. Lalu, bagaimana cara membedakannya?

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Spesialis Penyakit Dalam dr Suzy Maria SpPD akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Kamis 14 Maret 2019, pukul 13.00-14.00. AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (rna)

Ilustrasi anak sakit.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gondongan antara lain belum mendapat vaksin MMR untuk mencegah penyakit campak, gondongan, dan rubella.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024