Jangan Salah Informasi, Ini 5 Mitos dan Fakta tentang Nyeri Sendi

Ilustrasi low back pain/nyeri pinggang belakang/sakit pinggang.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan sebagai tempat bertemunya dua tulang, sendi tak luput dari rasa sakit yang bisa dialami siapa saja, tak hanya orang tua. Masalah berat badan hingga kanker kerap dianggap sebagai beberapa penyebab timbulnya sakit persendian.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Daripada salah informasi, yuk cari tahu lebih lanjut mitos dan fakta sakit persendian dalam salah satu segmen Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 15 Maret 2019 bersama dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.Kes.

1. Berat badan berlebih

Apa Itu Frozen Shoulder? Dapat Sebabkan Seseorang Sulit Gerakan Bahu

Memiliki berat badan berlebih ternyata menjadi salah satu penyebab seseorang menderita gangguan pada bagian sendi. "Menahan berat (tubuh) dalam jangka panjang bisa menimbulkan keausan, Osteoarthritis, dalam waktu lama bawa beban berat akan timbul kerusakan, saat tua bahkan perlu ganti sendi," papar dokter Norman.

2. Penyakit kanker dan tumor

Hati-Hati Nyeri Bahu Tak Kunjung Hilang Selama 2 Hari, Waspada Komplikasi Kelumpuhan

Dua penyakit ini ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya masalah di bagian persendian, apalagi jika sudah masuk stadium lanjut.

3. Encok

Merasa sakit di bagian pinggang, yang oleh orang awam disebut encok ini merupakan salah satu gejala awal sakit sendi. Hal ini karena encok merupakan sakit yang ada di pinggang atau panggul, sehingga saat berjalan sendi akan mengalami perubahan.

4. Hanya lansia

Salah jika menduga sakit persendian hanya diderita oleh lansia. Mereka yang baru lahir, remaja, atau usia dewasa juga bisa mengalami penyakit ini.

5. Olahraga

Jangan takut lagi melakukan olahraga, karena ternyata olahraga bukan penyebab seseorang menderita sakit di bagian sendi. Justru olahraga disebut dokter Norman sebagai cara untuk menjaga kesehatan sendi, terlebih jika olahraga dilakukan secara terstruktur dan terukur.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya