Bukan karena Hantu, Ini Fakta Medis di Balik Ketindihan

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay/Wokandapix

VIVA – Banyak kejadian sehari-hari yang terlihat seperti mistis tapi sebenarnya bisa dijelaskan secara medis atau ilmiah. Salah satunya adalah ketindihan saat tidur.

Lucu dan Aesthetic, Lampu Tidur Aonez Paling Laris di TikTok

Orang yang mengalami ketindihan akan merasakan keganjilan pada tubuhnya. Mereka terbangun tapi tidak mampu menggerakkan tubuhnya, seperti ada sosok tak kasat mata yang 'mengunci' tubuh mereka. Sensasi itu tambah menyeramkan jika ditambah dengan penampakan bayangan aneh atau suara misterius.

Meski terasa horor, ketindihan bukanlah fenomena mistis yang melibatkan makhluk halus, lho. Dalam dunia medis, ketindihan disebut dengan sleep paralysis.

5 Tips Mendapatkan Tidur yang Baik dan Berkualitas

Sleep paralysis adalah suatu gangguan tidur ketika tubuh tidak bisa digerakkan meski telah terbangun. Kondisi ini biasanya terjadi di saat seseorang mulai bermimpi (1-3 jam setelah terlelap) atau disebut juga REM (rapid eye movement). Saat tahap REM, otot tubuh memang akan melemah bahkan lumpuh.

Baca lebih lanjut mengapa sleep paralysis bisa mengakibatkan sensasi menyeramkan.

6 Hal yang Perlu Diperbaiki Agar Tidur Malam Berkualitas
Chelsea Olivia

Chelsea Olivia dan Sandra Dewi Bagikan Rahasia Tidur Anak yang Berkualitas

Sandra Dewi dan Chelsea Olivia, yang dikenal karena kecantikan dan kesuksesan mereka di dunia hiburan, tidak hanya fokus pada jam tidur anak-anak mereka.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023