Minum Kopi Bisa Bikin Langsing, Tapi Ada Aturannya

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak orang menjadikan minum kopi sebagai kebiasaan setiap hari. Bahkan, bagi mereka yang ketagihan akan mengonsumsinya bisa lebih dari sekali dalam sehari.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Selain rasa dan aromanya yang nikmat, kopi memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi tidak berlebihan. Beberapa manfaat kopi, di antaranya sebagai antioksidan, memberikan rasa segar hingga membakar lemak dalam tubuh alias bikin langsing.

"Nah, bagi yang ingin langsing bisa minum kopi," kata ahli gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 10 Juli 2019.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Namun, menurutnya, efek pelangsingan dari minum kopi tidak bisa drastis. Proses pemangkasan bobot tubuh terjadi secara perlahan.

Kopi yang diminum pun sebaiknya kopi hitam. Tapi kopi hitam yang dikonsumsi jangan dicampur dengan gula, susu dan creamer. 

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Meski bisa membantu menurunkan berat badan, tapi konsumsi secukupnya. Sebaiknya tak lebih dari lima cangkir kopi sehari dan beri jeda saat meminumnya, sekitar 3-4 jam.

Namun bagi penderita maag dan asam lambung, dia menyarankan untuk mengonsumsi kopi jenis arabica dibanding robusta. Itu karena derajat keasamannya lebih rendah dari robusta. Dan ketika Anda merasakan jantung berdebar ketika mengonsumsi kopi, saran Samuel, segera hentikan.

"Itu karena kafein memberi efek stimulan. Orang tertentu yang tak tahan minum kopi akan merasa berdebar. Kalau sudah begitu, sebaiknya jangan minum kopi," ujarnya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya