Penderita Tiroid Indonesia Tertinggi se-ASEAN, Ini Penyebabnya

Ilustrasi leher.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Angka penderita tiroid kian hari makin meningkat. Secara global diperkirakan sekitar 1,6 miliar orang di dunia berisiko mengalami gangguan tiroid, dan sekitar ratusan juta orang hidup dengan gangguan tiroid saat ini.

Rambut Rontok Hingga Mata Perih, Awas Tanda Gangguan Tiroid

Indonesia sendiri menempati posisi sebagai negara dengan gangguan tiroid tertinggi di ASEAN atau Asia Tenggara. Menurut data, sedikitnya 17 juta masyarakat Indonesia mengalami gangguan tiroid.

Menurut American Tyroid Association, hampir 60 persen dari mereka saat ini yang hidup dengan gangguan tiroid tidak terdiagnosis. Bahkan bisa jadi mereka berjuang sia-sia melalui kehidupan sehari-hari tanpa mengetahui akar masalah dari gejala-gejala yang mereka rasakan.

Ibu Hamil Idap Gangguan Tiroid, Awas Bahaya Ini Intai Bayi Baru Lahir

"Gangguan tiroid bahkan menempati urutan kedua terbanyak dalam daftar penyakit metabolik setelah diabetes melitus dan banyak diderlta oleh perempuan usia produktif dan anak-anak," kata dokter ahli endokrin, Dr. dr. Fatimah Ellana, SpPD-KEMD saat ditemui dalam acara Merck di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019.

Lantas apa sebenarnya penyebab dari gangguan tiroid tersebut? Fatima menjelaskan bahwa kelenjar tiroid bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kekurangan yodium, autoimun, infeksi tumor, hingga kista tiroid.

Jangan Sepelekan, Gangguan Tiroid Picu Masalah Kesuburan Wanita

"Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengenali berbagai jenis gangguan tiroid, gejaIa-gejala, melakukan deteksi dini serta yang paling penting menjaga pola hidup sehat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Merck Tbk Evie Yulin mengatakan bahwa penting untuk melakukan edukasi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap gangguan tiroid.

"Kami akan melakukan berbagai kegiatan promotif seperti peningkatan kesadaran masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat, peningkatan kesadaran masyarakat terkait kesehatan kelenjar tiroid, peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dalam mengenali dan deteksi dini manajemen gangguan tiroid," tutur Evie.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya