Polusi Udara Memburuk, Jangan Pakai Masker Lebih dari 8 Jam

Ilustrasi wanita mengenakan masker.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Masker menjadi salah satu cara pencegahan masalah kesehatan akibat polusi udara. Namun, seringkali banyak masyarakat yang menggunakan masker dalam waktu lama hingga berhari-hari.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Menggunakan masker atau respirator dapat mengurangi masuknya partikel polusi udara ke dalam saluran napas dan paru, terutama bila beraktivitas di luar ruangan. Disarankan masker atau respirator dengan kemampuan filtrasi partikel yang maksimal hingga 95 persen.

"Masker yang paling efektif yaitu yang dapat filtrasi partikel polusi hingga 95 persen. Tapi kalau masker tersebut tidak digunakan secara benar, tak akan efektif juga," ujar Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto Sp.P(K)., dalam temu media di kantornya, Rabu, 31 Juli 2019.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Cara penggunaan masker atau respirator harus benar dan tepat. Penggunaan masker atau respirator yang tidak benar mengurangi efektivitas proteksi memfiltrasi atau menyaring partikel. Dianjurkan memilih ukuran yang pas serta digunakan dengan tepat.

"Sebaiknya juga pakai masker yang disposible atau sekali pakai yang idealnya dipakai selama 8 jam. Kalau terlalu lama dipakai bisa bahaya karena partikel polusi nempel di masker lalu makin numpuk," paparnya.

Jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Diimbau Gunakan Masker selama Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Penumpukan partikel polusi bisa membuat kuman terhirup dan memicu infeksi pada saluran pernafasan atas. Ia juga tak menganjurkan untuk mencuci masker yang sudah dipakai.

"Masker tidak disarankan dicuci karena pori-porinya bisa melebar. Kalau sudah melebar, tidak efektif lagi menyaring kuman," jelasnya.

Ilustrasi sheet mask.

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Intip 4 Jenis Sheet Mask yang Bikin Wajah Glowing

Sheet mask cukup berbeda dari jenis skincare lainnya dari sisi kemasan dan cara pemakaian. Sheet mask merupakan lembaran tipis berisi essence yang ditempel ke wajah.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024