Persebaran Dokter Belum Merata, Indonesia Perlu Layanan Telemedicine

Ilustrasi Dokter
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Jika untuk mendiagnosis suatu penyakit atau kondisi kesehatan sebelumnya harus menuju ke fasilitas kesehatan, berkat kemajuan teknologi kini hal itu bisa dilakukan dari jarak jauh. Teknologi tersebut sering dikenal dengan teknologi telemedicine.

Terpopuler: Desta Banjir Kritik Duduk di Kursi VVIP Nonton Timnas, Anwar BAB Bicara Soal Ruben Onsu

Tuntutan akan telemedicine di Indonesia sendiri cukup tinggi, mengingat persebaran tenaga kesehatan yang belum merata. Selain itu distribusi fasilitas kesehatan juga masih belum merata ditambah hambatan geografis yang menantang.  

Terlebih saat ini rasio jumlah dokter di Indonesia masih sangat rendah dibanding jumlah populasi. Pada 2017, Indonesia hanya memiliki tiga dokter, sementara di negara maju ada lebih dari 20 dokter untuk setiap 10 ribu orang.

Azizah Salsha Ungkap Penyesalan Baru Bertemu Pratama Arhan Tahun Lalu

"Karenanya layanan telemedicine Halodoc akan menjadi bagian dari platform digital kami yang akan segera diluncurkan di Indonesia,ungkap  President Director of Prudential Indonesia, Jens Reisch, dalam siaran pers yang diterima VIVA, Selasa, 6 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, melalui platform digital tersebut, pengguna akan dapat berkonsultasi dengan dokter secara online, membeli dan mengatur pengiriman resep, memesan tes laboratorium. Selain itu mereka juga akan mendapatkan opini medis kedua, dan menjadwalkan konsultasi di rumah sakit yang tergabung di jaringan PRUMedical Network hanya dalam satu aplikasi ponsel.

Detik-detik Polisi Saudi Cegat Jemaah Haji Ilegal Menyusup ke Makkah Lewat Gurun Pasir

"Kami ingin membawa layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau dan mudah diakses oleh jutaan orang, pada skala yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Chief Executive of Prudential Corporation Asia, Nic Nicandrou,

Sementara itu,  Jens juga menambahkan bahwa hal ini juga menjadi kesempatan membantu  mendukung tujuan pemerintah dalam mewujudkan layanan kesehatan yang berkualitas dan inklusif bagi semua. [mus]

Dr Joanna Flynn AM menyatakan para dokter yang tak lulus ujian AMB kemungkinan tidak aman dalam melakukan praktek.

Mayoritas Dokter Asing di Australia Dinilai Tak Layak Praktik

Banyak dokter asing bekerja di pedalaman Australia bertahun-tahun.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2018