Sering Sakit Kepala Setelah Makan, Apa Sih Penyebabnya?

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Jika pernah merasa sakit kepala setelah makan, Kamu tidak sendirian. Banyak orang mengalami hal yang sama. Ini disebut sakit kepala postprandial, yang berarti ‘setelah makan’.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Jika sakit kepala jenis ini sering terjadi, Kamu tidak boleh mengabaikannya. Meski beberapa sakit kepala dapat disebabkan atau dipicu oleh jenis makanan tertentu, beberapa adalah gejala dari kondisi yang mendasarinya, yang membutuhkan perhatian medis.

Lalu, apa penyebab sebenarnya?

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Sakit kepala setelah makan terjadi dengan berbagai tingkat rasa sakit dan memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Beberapa orang memperhatikan bahwa sakit kepala setelah makan terjadi setelah makan makanan tertentu, atau mengonsumsi permen atau karbohidrat. Namun, yang lain memperhatikan adanya pola sakit kepala setelah makan.

Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala ini. Beberapa yang paling umum ialah hipoglikemia reaktif. Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala dalam waktu 4 jam setelah makan. Ini dipicu oleh penurunan kadar gula darah. Beberapa penyebab termasuk diabetes, tumor di sistem pencernaan, kadar hormon abnormal dan alergi makanan

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Selain itu, alergi makanan dapat menyebabkan sejumlah reaksi, termasuk sakit kepala. Jika Kamu mengalami sakit kepala setelah makan makanan atau bahan tertentu, mungkin kamu alergi terhadap makanan dan tidak menyadarinya. Demikian dilansir dari Healthline, Jumat, 6 September 2019.

Selanjutnya, hal itu juga bisa disebabkan oleh intoleransi makanan. Berbeda dari alergi makanan, gejala intoleransi makanan hampir selalu disebabkan oleh masalah pencernaan. Namun, dalam beberapa kasus, mereka dapat memicu sakit kepala setelah makan.

Terakhir, juga bisa jadi karena makanan dingin. Jenis sakit kepala ini umumnya dikenal sebagai otak beku atau ‘sakit kepala es krim’. Ini terjadi setelah makan atau minum sesuatu yang beku atau sangat dingin.

Para ahli percaya itu terjadi karena perubahan pembuluh darah di sekitar saraf tertentu, sebagai respons terhadap suhu dingin. Jenis sakit kepala ini bisa intens, berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit, tetapi tidak memerlukan perawatan apa pun. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya