5 Herbal Ini Bantu Kamu Lawan Penyakit di Musim Pancaroba

Ilustrasi bawang putih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Musim pancaroba biasanya dikaitkan dengan serangan penyakit seperti flu dan diare. Hal ini cenderung dipicu oleh imunitas tubuh yang kurang baik akibat asupan yang tidak tepat.

Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Ternyata untuk bisa melawan serangan penyakit di musim pancaroba, gampang banget lho caranya. Terlebih buat kamu yang enggak suka obat-obatan kimia untuk melawan penyakit di musim pancaroba, bisa coba dengan cara ini.

Berikut bahan-bahan alami yang ampuh lawan penyakit infeksi virus di musim pancaroba, seperti dikutip dari laman Indian Express, Selasa, 29 Oktober 2019.

Pemilu 2024: PB IDI Beri Peringatan Penting!

Basil

Beragam jenis basil ternyata ampuh untuk lawan serangan virus sumber penyakit. Holy basil atau disebut juga daun tulsi dapat dengan instan meningkatkan imunitas tubuh. Tak hanya itu, ekstrak basil juga sangat ampuh untuk melawan virus penyebab herpes dan hepatitis B.

Tips Awet Muda untuk Orangtua agar Tetap Energik dan 'Fresh'

Daun sage

Daun ini masih satu keluarga dengan daun mint, yang juga dikenal sebagai daun aromatik. Selama bertahun-tahun, daun sage digunakan untuk obat, terutama infeksi virus. Daun sage memiliki kandungan antioksidan yang banyak sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti menurunkan risiko kanker dan meningkatkan fungsi kerja otak dan ingatan.

Lemon balm

Tanaman lemon juga masih sekeluarga dengan daun mint. Lemon biasanya dipakai untuk tambahan dalam minuman seperti teh. Nah, lemon balm yang mengandung ekstrak lemon dengan campuran minyak esensial dan tanaman lemon dapat bermanfaat sebagai sumber antivirus.

Jahe

Jahe sudah terkenal sejak dulu dengan sejuta manfaatnya dalam melawan virus. Di dalam jahe terdapat beragam kandungan seperti gingerols dan zingerone yang tidak hanya menghentikan perkembangbiakan virus tapi juga mencegah virus untuk masuk ke dalam tubuh.

Bawang putih

Studi menunjukkan bahwa bawang putih ampuh untuk mengatasi infeksi virus. Bawang putih bekerja di dalam tubuh dengan meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi virus. Psstt.. bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan paru lho!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya