Tips Jitu Konsumi Fast Food Tanpa Bikin Berat Badan Naik

Ilustrasi fast food/makanan cepat saji.
Sumber :
  • Pixabay/Fotorech

VIVA – Makanan seperti pizza, burger, kentang goreng, dan lain-lain, adalah makanan tidak sehat yang sulit untuk ditolak. Walaupun kita sedang menjalani diet, biasanya kita sulit untuk menahan keinginan dari makanan-makanan lezat tersebut. 

TERPOPULER: Tips Alami Tambah Berat Badan dan Penyakit Tersembunyi yang Wajib Diwaspadai!

Jika kamu sedang menjalani program diet tapi tetap ingin mengonsumsi makanan cepat saji, ada trik jitu yang bisa membantu kamu. Dilansir dari Times of India, berikut lima cara mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak menaikkan timbangan kamu. 

Konsumsi seminggu sekali

Rahasia Cantik Sophia Latjuba, Makin Menua Makin Awet Muda dan Bersinar

Konsumsi makanan cepat saji cukup seminggu sekali saja dan jangan lebih dari itu. Ini bisa memastikan kamu tidak merusak tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme dengan membuat tubuh kamu membakar lebih banyak kalori. Pastikan kamu hanya melakukan cheating meal dan bukan cheating day. 

Kurangi saus

Terpopuler: Tips Diet ala Ade Rai sampai Kekacauan di Gunung Everest

Bagi banyak orang, mengonsumsi makanan cepat saji rasanya tidak lengkap tanpa saus, mayones atau saus barbekyu. Tapi, tahukah kamu, bumbu-bumbu tersebut mengandung banyak kalori. Jadi, pertimbangkan untuk menghindari, atau paling tidak menguranginya. 

Minum air sebelum konsumsi makanan cepat saji
Air akan membuat kamu merasa lebih kenyang dan pada akhirnya kamu akan makan lebih sedikit dari yang seharusnya kamu makan. 

Makan dengan sadar

Kunyah makanan dengan benar, makan dengan lambat da jangan terganggu dengan hal-hal di sekitar kamu. Ini akan membantu pencernaan kamu bekerja dengan baik, membuat kamu merasa lebih rileks dan puas, dan membantu mengingatkan otak kamu ketika sudah kenyang.

Makan dalam porsi kecil

Makanan cepat saji mengandung banyak bahan yang tidak sehat, seperti gula, lemak jenuh, lemak trans, dan banyak kalori. Karenanya, konsumsilah dalam porsi lebih kecil untuk mengurangi asupan bahan-bahan berbahaya dan menjaga tubuh kamu tetap sehat. 

Makan satu jenis saja dari makanan cepat saji

Makanan cepat saji penuh dengan kalori. Sekali makan kalorinya setara tiga kali makanan pokok, dikurangi semua nutrisi. Meskipun cuma mengonsumsi seminggu sekali, pastikan kamu hanya makan satu jenis saja. Jika tidak, tubuhmu akan menyimpan semua kalori yang akhirnya disimpan sebagai lemak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya