Kandungan Kolesterol Telur Ikan 2 Kali Lipat dari Kuning Telur Ayam

Asam padeh telur ikan.
Asam padeh telur ikan.
Sumber :
  • ANTV

VIVA – Bukan cuma enak, telur ikan ternyata mengandung nutrisi baik yang luar biasa dibandingkan daging pada ikan. Hal ini dikatakan oleh dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK dalam program Ayo Hidup Sehat tvOne yang tayang pada Senin, 4 November 2019.

“Fakta kalau dilihat per 100 gram daging ikan dan telur ikan tinggi protein. Telur ikan omega-3-nya mencukupi kebutuhan sehari kita. Lebih bernutrisi,” kata dia.

Namun, kata dia, meski kaya akan nutrisi, tetapi telur ikan memiliki kolesterol tinggi. Telur ikan per 100 gram memiliki kandungan kolesterol dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan kuning telur.

“Kalau sudah punya riwayat kolesterol, jangan tiap hari (konsumsi telur ikan),” lanjut dia.

Selain itu telur ikan juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit. Menurut penjelasan Juwalita, telur ikan memiliki selenium yang merupakan zat antioksidan dan mengandung omega-3 tinggi yang melengkapi asam lemak agar kulit tetap lembap.

Konsumsi telur ikan juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, kata dia, perlu diperhatikan bahwa telur ikan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sajian per 100 gram telur ikan mengandung 370 kolesterol.

“Telur ikan juga baik untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D dan memiliki kandungan fosfor yang tinggi,” ucapnya.