Perjuangan Bopak Castelo, Bertahan Hidup dengan Satu Paru-paru

Komedian Bopak Castello
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Nasib nahas tengah dirasakan oleh pelawak Bopak Castelo. Pasalnya Bopak saat ini harus bertahan hidup hanya dengan satu paru-paru. Sejak 2 tahun lalu sebelah paru-parunya rusak karena gaya hidup buruk, ia juga diketahui mencandu rokok, hingga pekerjaannya yang membuatnya mampu tidur di sembarang tempat.

Reaksi Desta saat Mendengar Anak Vincent Rompies Terlibat Kasus Bullying

Hingga saat ini, Bopak masih terus melakukan pengobatan karena paru-parunya yang sebelah kiri sudah tidak berfungsi lagi. "Saya masih terus berobat dari yang medis sampai nonmedis," ucap Bopak Castelo di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Februari 2020.

Bopak bersyukur karena dalam keadaanya sakitnya saat ini, sang istri yakni Gita Resya tetap setia dan terus membantu dan merawatnya.

Jarang Terlihat, Bopak Castello Bicara Soal Hijrah

"Iya istri nemenin, kita sehat ditemenin, kita sakit tetap dia temenin," ujarnya.

Pada saat merawat Bopak, Gita terbilang sangat protektif. Demi kesehatan sang suami, Gita mengontrol semua asupan Bopak, baik makanan ataupun minuman.

Bopak Castello Ternyata Cuma Hidup dengan Satu Paru, Sering Muntah Darah saat Syuting

"Bawel dalam hal kesehatan lah karena kita termasuk orang yang enggak tertib. Semenjak ada istri dikontrol makan minumnya," kata Bopak. 

Penyebab paru-paru sebelah kiri tidak berungsi

Apa yang di alami Bopak juga ternyata banyak dialami warga dunia. Penyakit paru-paru merupakan gangguan kesehatan yang paling umum di dunia, yang menyerang pasien dari segala usia - pria, wanita, anak-anak, lansia, perokok, dan bukan perokok. Menurut World Health Organisation (WHO), penderita asma di seluruh dunia mencapai 235 juta orang dan sekitar tiga juta orang meninggal karena PPOK. 

Di samping itu, kanker paru menjadi penyebab utama kematian akibat kanker, baik pada pria maupun wanita. Artinya, satu di antara empat kematian akibat kanker berupa kanker paru. Penyakit paru-paru juga merupakan penyebab utama kematian pada bayi di bawah satu tahun.

Paru-paru bisa saja tidak berungsi karena dipicu berbagai kondisi. Dilansir WebMD, sebetulnya paru-paru tidak merasakan sakit, karena hanya memiliki sedikit saraf penerima rasa sakit.

Karenanya jika paru-paru mengalami masalah, itu berasal dari nyeri dada yang merupakan gejala penyakit tertentu. Dari kasus yang dialami Bopak, ada 8 jenis penyakit yang bisa memicu tidak berfungsinya paru-paru sebelah kiri. Beberapa di antaranya adalah Pleuritis yaitu peradangan selaput paru, asma kronis, Emboli paru atau penyumbatan arteri paru, Pneumotoraks, Paru-paru basah, tuberkulosis hingga kanker paru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya